Dinkes NTB bersama IAKMI selenggarakan Evaluasi Hasil Cakupan Imunisasi dan Vaksin Baru

Dinas Kesehatan Provinsi NTB berkerja sama dengan Ikatan IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) NTB melaksanakan Pertemuan Evaluasi Hasil Cakupan Imunisasi Rutin dan Vaksin Baru PCV, IPV, Rotavirus dan HPV di Hotel Golden Palace Mataram, Kamis (20/6/2024)

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil imunisasi vaksin baru, manfaat dan efek pemberian vaksin baru, serta mengetahui hambatan pemberian vaksin baru dalam program imunisasi kabupaten/kota se-NTB.

Pemberian imunisasi dasar lengkap dan imunisasi rutin lengkap yang tinggi dan merata sampai tingkat desa dan kelurahan akan memberikan perlindungan atau kekebalan pada bayi, balita dan anak-anak terhadap serangan penyakit PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi).

Perkembangan program imunisasi terus terjadi sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, medis, farmasi, teknologi, dan lainnya, guna  mengatasi berbagai penyakit yang muncul dan mengancam keselamatan manusia.  Terdapat 4 vaksin baru  yaitu;

  1. PCV  (Pneumococal  Conjugate Vaccine)  adalah vaksin untuk mencegah infeksi bakteri pneumokokus yang menyebabkan penyakit pneumonia.
  2. IPV (Inactivated  Poliovirus Vaccine) adalah vaksin untuk mencegah penyakit Polio.
  3. Rotavirus Vaccine  adalah vaksin untuk mencegah penyakit Diare.
  4. HPV (Human Papilomavirus  Vaccine) untuk mencegah Kanker Serviks.

Adanya vaksin  baru ini perlu terus disosialisasikan kepada lintas sektoral dan seluruh masyarakat karena mampu melindungi masyarakat dari berbagai jenis penyakit.

#EvaluasiCakupanImunisasi #VaksinBaru #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat