Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Dinkes NTB Dampingi Tim Kemenkes RI Dalam Monev Pelayanan Telemedicine Bagi Faskes di NTB

Jumat, 16 September 2022, Seksi Yankes Rujukan bersama dengan Yankes Primer Dinas Kesehatan Provinsi NTB berkesempatan mendampingi tim dari Direktorat Tata Kelola Yankes Kemenkes RI dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Telemedicine bagi fasilitas pelayanan kesehatan yang merupakan lokus pengembangan di Provinsi NTB ke Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di Puskesmas Bayan.

Program Telemedicine ini merupakan program telekonsultasi melalui aplikasi KOMEN untuk pelayanan USG, EKG dan Radiologi. Untuk Provinsi NTB, yang menjadi lokus pelaksanaan program telemedicine sejak tahun 2018 adalah puskesmas Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Puskesmas Calabai dan RSUD Dompu, Kabupaten Dompu dengan RSUD Provinsi NTB sebagai RS pengampu. Tahun 2022 ini, Puskesmas Bayan dipilih sebagai lokus uji coba program telemedicine dan bekerja sama dengan BPJS.

Dalam kunjungan monev ini, tim tata kelola Yankes ingin melihat perkembangan pelaksanaan program telemedicine di Puskesmas Bayan serta kendala yg dihadapi dalam pelaksanaannya. Sejak kerja sama dengan BPJS di bulan juni 2022, ada 6 kasus spesialistik yang dilakukan konsultasi melalui aplikasi KOMEN dengan response time 30-60 menit.

Harapannya pelayanan konsultasi ini dapat direspon lebih cepat dan ini membutuhkan komitmen semua pihak, baik dari pihak faskes yang diampu maupun faskes pengampu, sehingga tujuan mendekatkan pelayanan spesialistik dapat tercapai.