Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Dinkes NTB Gelar Workshop Penanganan Kedaruratan Medik untuk Tenaga Kesehatan Event WSBK Mandalika

Dukungan Kementerian Kesehatan dalam penyelanggaraan World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 adalah melakukan “Workshop Penanganan Kegawatdaruratan Medik Tenaga Kesehatan  Event WSBK Mandalika 2021” yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan di bidang pelayanan Gawat Darurat

Untuk itu Kementerian Kesehatan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Seksi PSDMK Bidang SDK dan Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Bidang Pelayanan Kesehatan menyelenggarakan ”Workshop Penanganan Kedaruratan Medik untuk Tenaga Kesehatan Event WSBK Mandalika” selama 4 hari pada tanggal 26-29 Oktober 2021, bertempat di Same Hotel Mataram.

Workshop ini diikuti oleh 100 orang tenaga kesehatan terdiri dari tenaga dokter umum dan perawat terpilih yang berasal dari Kabupaten/kota di Pulau Lombok, yang nantinya akan akan ditugaskan pada saat event WSBK Mandalika 2021.

Adapun materi yang diberikan kepada peserta pada saat workshop meliputi : High Quality CPR, Mass Casuality Incident (MCI), Radio Komunikasi, Manajemen Heat Stroke dan Trauma, transfer pasien, Moving lifting and patient evacuation serta sistem kontigensi dan sistem rujukan. Materi-materi tersebut disampaikan oleh narasumber dari Persatuan Dokter Ahli Emergensi Indonesia (PERDAMSI), Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Hari pertama diisi dengan paparan materi, hari kedua diisi dengan pembagian kelompok dan simulasi di dalam ruangan hotel. Hari ketiga dilakukan simulasi kegawatdaruratan dan transfer pasien langsung di sirkuit Pertamina Mandalika Street Sircuit dan Medical Center Sircuit di Mandalika Lombok Tengah.

Penulis : Vonny Ika Yuniwati, S.Psi., M.PSDM.

Editor : Reny Yuli Aspiani., S.Kep. Ns. M.pd

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.