Dinkes NTB Ikuti Pelatihan Imunisasi IPV, Dukung Upaya Eradikasi Polio Indonesia

Sebagai dukungan dalam upaya mencapai Eradikasi Polio di Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Bidang P2P mengikuti Pelatihan Imunisasi IPV (Inactivated Polio Vaccine) alias Training of the Trainer (TOT) Establish Science and Practice IPV (Inactivated Polio Vaccine ) Toward Sustainable Polio Eradication.

Pelatihan ini diikuti oleh Penanggung Jawab Imunisasi atau Pengelola Imunisasi  seluruh Indonesia,  tanggal 14-16 Desember 2023, di Hotel Savero Depok.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia dalam meningkatkan efektivitasi program imunisasi. Indonesia harus mencapai Eradikasi Polio tahun 2026. Polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini disebut juga dengan poliomyelitis (poliomielitis).

Virus polio dapat menyerang sistem saraf pusat dan menyebabkan kerusakan pada sistem saraf motorik. Kondisi ini dapat mengakibatkan kelumpuhan pada otot, baik yang bersifat sementara maupun permanen. Pada kasus yang lebih berat, polio dapat memengaruhi kemampuan bernapas dan menelan pada anak.

Penyakit ini tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, Namun, sekarang sudah ada vaksinasi yang dapat mencegah penularan polio, yaitu imunisasi Polio tetes yang diberikan pada anak umur 1,2,3,4 bulan dan polio suntik untuk usia 4bulan dan 9 bulan.

#ntbmajumelaju #ntbsehatdancerdas #Ayoberikananakimunisasipolio #cegahpenyakitPolio #anaksehat dengan imunisasi #P2P #DinasKesehatan #DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat