Dinkes NTB Kembali Raih Kategori ”Informatif”  Dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Dinas Kesehatan Provinsi NTB berhasil mempertahankan prestasinya sebagai OPD Provinsi dengan Kategori Informatif, dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi NTB di Ballroom Selaparang, Lombok Raya Hotel, Mataram, Kamis (14/12/2023).

Kepala Dinas Kesehatan, Dr. dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM.MARS., menerima langsung penghargaan yang diserahkan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, Politik dan Layanan Publik H. Yusron Hadi tersebut.

Dr. Fikri mengapresiasi dan mengharapkan capaian ini menjadi motivasi agar kinerja PPID bisa lebih baik ke depannya.

Penghargaan diberikan setelah sebelumnya dilakukan Monitoring dan Evaluasi oleh Komisi Informasi dengan menilai semua OPD di Nusa Tenggara Barat dari segi Keterbukaan Informasi Publiknya. Monev tersebut adalah kewajiban dalam menentukan standar pelayanan informasi publik.

Penilaian melalui dua tahap, yakni pengisian SAQ menggunakan sistem aplikasi e-monev dengan melengkapi data dukung sesuai standar keterbukaan informasi yang ditentukan, dan tahap terakhir adalah visitasi oleh Komisi Informasi untuk membuktikan langsung kebenaran dari data SAQ yang dikirimkan tiap OPD.

Tahun 2023 menjadi tahun pertama penggunaan sistem aplikasi e-monev yang terintegrasi secara nasional, sehingga menjadi tantangan baru bagi semua OPD yang terlibat dalam Monev KIP. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi NTB, Sansuri, S.Pt.,MM., dalam sambutannya pada pembukaan Anugerah KIP.

“Dari 45 OPD Provinsi, hanya 55% yang mampu mencapai predikat informatif. Ini menjadi catatan penting, bahwa memang harus kita lakukan penguatan operator di PPID. Satu tekanan kita pada 2024 adalah melakukan pembinaan lebih bagi operator PPID,” lanjut Sansuri.

#ntbmajumelaju #ntbsehatdancerdas #kpidprovntb #komisiinformasi #ppiddikesprovntb #DinasKesehatan #DinkesNTB #DinkesProvNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat