Dinkes NTB Raih Peringkat ke-3 dengan Tingkat Kematangan Digital dan Fasilitasi Konektivitas Rumah Sakit ke SATUSEHAT yang “Sangat Baik”

Dinas Kesehatan Provinsi NTB mendapatkan Sertifikat Apresiasi sebagai Dinas Kesehatan Provinsi dengan Tingkat Kematangan Digital dan Fasilitasi Konektivitas Rumah Sakit ke SATUSEHAT yang ”Sangat Baik,” ke-3 setelah DKI Jakarta dan Sumatera Selatan.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI melalui Sekjen Kunta Wibawa Dasa Nugraha, dalam acara Penguatan Tata Kelola dalam Transformasi Teknologi Kesehatan yang merupakan rangkaian Kegiatan Penilaian Kematangan Digital Tahun 2023, dengan pelaksanaan kegiatan secara hybrid, Rabu (6/3).

Penilaian Tingkat Kematangan Digital atau Digital Maturity Index (DMI) merupakan sebuah upaya percepatan Transformasi Kesehatan digital di Indonesia. Penilaian DMI sendiri dilakukan dalam bentuk pengisian instrumen semi terbuka dengan sistem self assessment oleh Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit di seluruh Indonesia.

Selain dari aspek DMI, apresiasi juga diberikan berdasarkan penilaian terhadap fasilitasi konektivitas rumah sakit ke dalam platform SATUSEHAT. Saat ini, sudah lebih dari 50% Rumah Sakit di NTB yang sudah terkoneksi ke platform SATU SEHAT.

Apresiasi ini diberikan kepada 10 Provinsi dengan kriteria ”Sangat Baik” dalam Penilaian Tingkat Kematangan Digital dan Fasilitasi Konektifitas Rumah Sakit ke SATUSEHAT ke-10.  Provinsi tersebut yakni DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, DI Yogyakarta, Aceh, Banten dan Kalimantan Barat.

Semoga prestasi ini bisa mendukung upaya percepatan transfomasi kesehatan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

#TingkatKematanganDigital #DMI #SATUSEHAT #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat