Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Dinkes NTB Siap Terlibat Dalam Penelitian Kolaborasi Bersama Ryukyu University dan Unram Terkait  Pendidikan Seks Anak dan Remaja

Senin, 22 Agustus 2022, Prof.Jun Kobayashi dan Fumiko Shibuya, Peneliti dari Ryukyu University, Jepang, serta dr. Hamsu Kadriyan, Sp. THT-KL(K), M.Kes, dr. Cut Warnaini, MPH, dan dr. Fahrin Ramadan Andiwijaya, MSc, dari Universitas Mataram, menemui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB untuk mendiskusikan terkait penelitian kolaborasi yang dilakukan di 8 negara, salah satunya adalah Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penyusunan kebijakan terkait pendidikan seksual pada anak usia sekolah dan remaja di 8 negara, untuk mengidentifikasi perbedaan pendekatan yang digunakan, dan untuk memahami faktor pendorong utama serta acuan yang digunakan.

Harapannya, hasil dari penelitian ini dapat memperdalam pemahaman tentang faktor-faktor yang berperan dalam penyusunan dan penyampaian pendidikan seksual, terutama yang berhubungan dengan sistem sosial yang terkait seksualitas dan gender. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas tentang bagaimana penyusunan kebijakan pendidikan seksual diterjemahkan ke dalam praktik melalui guru dan pelatihan guru.

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kesmas, Kepala Bidang SDK, dan Kasi Kesga Dinkes Provinsi NTB.