Dinkes NTB Terus Perkuat Kesehatan Masyarakat Desa Sandik Lewat Program Jumat Salam

Jum’at Salam kali ini, Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengunjungi Desa Sandik, Kecamatan Batulayar, Wilayah Puskesmas Meninting, Kabupaten Lombok Barat, (24/11/2023).

Kedatangan Tim Dinas Kesehatan Provins8i NTB yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas, Dr. dr. H. L. Hamzi Fikri, MM., MARS, disambut oleh Sekretaris Desa (Sekdes), Muhammad Muaidi.

Dari kunjungan tersebut, diketahui bahwa Desa Sandik merupakan desa yang cukup padat penduduknya dengan jumlah 15.700 jiwa, dan tersebar di 16 Dusun serta terdapat 20 Posyandu di desa tersebut.

Padatnya penduduk mengakibatkan berbagai masalah di lingkungan  desa, termasuk permasalahan sampah, risiko banjir, hingga persoalan lapangan pekerjaan yang masih kurang. Di sisi lain, Desa ini memiliki banyak UMKM khususnya yang bergerak di bidang kuliner, seperti jajanan pasar.

Desa Sandik juga salah satu desa yang telah membentuk kader TBC, mendirikan Bank Sampah dan merupakan daerah binaan UNRAM yang diintegrasikan dengan Posyandu (lokasi dusun DAUNG).

Terkait risiko bencana termasuk banjir, masayarakat Desa Sandik berusahan mengatasi dengan membentuk KPB (Kelompok Peduli Bencana) yang akan bertugas memberikan info awal terkait dengan kejadian bencana. Kesiapsiagaan bencana di desa ditunjukkan dengan adanya tenda siaga sebanyak 10 buah.

Salah satu harapan Sekdes Sandik kepada pemerintah terkait pencegahan penyakit di wilayah tersebut adalah dilakukan screening PTM pada orang yang memiliki faktor risiko.

Jum’at salam ini diharapkan dapat terus menjadi media pendengar aspirasi masyarakat untuk kemudian ditindak lanjuti oleh pemerintah agar dilakukan perbaikan, demi menuju NTB yang lebih sehat dan cerdas, NTB yang maju melaju.

Salam sehat!

#ntbmajumelaju #ntbsehatdancerdas #jumatsalam #DinkesProvNTB  #DinkesNTB  #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat