Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Selenggarakan Kampanye dan Advokasi Keselamatan Pasien di Universitas Mataram

Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI melaksanakan “Kampanye dan Advokasi Keselamatan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Organisasi Profesi, Asosiasi Pendidikan, dan Masyarakat” di Gedung Dome Universitas Mataram, Senin (18/3/2024)

Kegiatan ini merupakan agenda kerja Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dalam rangka mengakomodir upaya membangun budaya keselamatan pasien menuju zero harm di fasilitas pelayanan kesehatan, dan program kerja Komite Nasional Keselamatan Pasien/KNKP yang mengacu pada Global Patient Safety Plan 2021-2030; diseminasi regulasi keselamatan pasien dan harmonisasi konsep keselamatan pasien pada fasilitas pelayanan kesehatan dan lembaga pendidikan.

Kondisi masyarakat di era saat ini membutuhkan pelayanan kesehatan yang bermutu. Pelayanan kesehatan terbaik dipengaruhi oleh salah satu unsur yakni Patient Safety atau kemanan pasien. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr. dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM.MARS., saat memberikan sambutan.

Patient Safety menjadi isu yang terus digaungkan pemerintah baik pada skala provinsi maupun nasional.

“Patient Safety adalah stuatu sistem yang memastikan keamanan pasien, sistem yang mencegah terjadinya cidera akibat kesalahan tindakan yang tidak diinginkan,” ungkap Dr. Fikri.

Melanjutkan sambutannya, sebagai wujud komitmen mendukung pelayanan kesehatan yang lebih baik, Dr. Fikri menyampaikan bahwa seluruh Kabupaten/Kota di NTB telah berstatus UHC (Universal Health Coverage) dan hampir semua faskes di NTB sudah bekerja sama dengan BPJS.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor 4 Bagian Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Universitas Mataram, Prof. Akmaluddin, ST., M.SC(Eng)., Ph.D., mengungkapkan pandangannya mengenai keselamatan pasien saat membuka kegiatan tersebut.

“Kami (Universitas Mataram) selaku perguruan tinggi penyelenggara Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan di Indonesia menganggap bahwa keselamatan pasien bukanlah sekedar agenda, tapi sebuah komitmen yang tercermin dalam setiap aspek pendidikan dan praktiknya.”

Kegiatan dilanjutkan dengan Kampanye Keselamatan Pasien melalui penyampaian materi mengenai Kebijakan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit, Budaya Keselamatan di Rumah Sakit, dan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Materi disampaikan oleh Narasumber yakni Direktur Mutu Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI (dr. Yanti Herman, MH.Kes.), Ketua Komite Nasional Keselamatan Pasien (dr. Bambang Tutuko, Sp.An (KIC)), dan Sekretaris Komite Mutu RS Unram (dr. Erly Tibyan Wahyuly).

Peserta terdiri dari Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Mataram, perwakilan Rumah Sakit Universitas Mataram dan STIKES Mataram.

#PelayananKesehatan #PatientSafety #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat