Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Diseminasi Program Penguatan Cakupan dan Mutu Imunisasi Tingkat Provinsi

Di Era Otonomi Daerah, Pembangunan Kesehatan lebih memperhatikan kepentingan Daerah serta Otonomi Fungsional  berdasarkan standar dan peraturan per Undang-Undangan. Melalui Proyek bantuan UNICEF bekerja sama dengan IAKMI akan dilakukan upaya perbaikan cakupan dan kualitas imunisasi di Provinsi NTB.  Hal ini sejalan dengan  upaya menekan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi yang dalam pelaksanaannya menekankan antara lain pada peningkatan perilaku dan kemandirian masyarakat untuk melakukan imunisasi pada anak mereka, serta profesionalisme sumber daya manusia Kesehatan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas layanan imunisasi.

Provinsi NTB merupakan salah satu Provinsi yang menjadi lokasi kegiatan peningkatan cakupan dan kualitas pelayanan imunisasi yang melibatkan  10 Kabupaten / Kota. Pendekatan program yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kerjasama semua komponen yang terlibat di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Gap atau permasalahan Tata Kelola program imunisasi  yang ditemukan akan diintervensi dengan berbagai usulan kegiatan dengan tujuan memperbaiki cakupan dan kualitas pelayanan imunisasi di semua tingkat layanan.

Tujuan dari program perbaikan cakupan dan mutu layanan imunisasi adalah memperkuat manajemen pengelolaan vaksin dan pelayanan imunisasi  di Kabupaten / Kota antara lain melalui dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta pengelolaan vaksin  dan juga peningkatan kapasitas petugas/capacity building agar dapat berkontribusi terhadap keberhasilan  Program Imunisasi. 

Agar upaya perbaikan cakupan dan mutu layanan imunisasi berhasil maka Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Bidang P2P bersama IAKMI Pengda NTB melaksanakan Kegiatan Diseminasi Program Penguatan Cakupan dan Mutu Imunisasi Tingkat Provinsi pada Rabu (01/09/2021) di Hotel Lombok Plaza Mataram.

Kegiatan ini diikuti 40 orang peserta yang berasal dari lintas program dan lints sektor tingkat provinsi, pengelola program imunisasi Dinas kesehatan Provinsi dan Kabuaten /Kota dan sebagai narasumber adalah Kepala Dinas Kesehatan, Kabid P2P Dinas Kesehatan Provinsi, Ketua IAKMI dan Tim Technical Officer Program Imunisasi provinsi NTB.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta dapat memahami dan mengidentifikasi permasalahan serta menyiapkan rencana program perbaikan cakupan dan kualitas dan demand program imunisasi yang ada di tingkat provinsi, kabupatan/kota dan puskesmas sehingga dapat meningkatkan cakupan dan kualitas imunisasi di Provinsi NTB  tahun 2021.

11

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.