Dukung KSB Tuntaskan 5 Pilar STBM

Provinsi NTB mendukung sepenuhnya kepada Kabupaten Sumbawa Barat atas semangat dalam membangun system yang kuat dari sisi pemberdayaan (Demand), pemanfaatan sumberdaya lokal (Supply) dan penguatan kebijakan ( Enabling) untuk tuntaskan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM) yang merupakan salah satu calon Kabupaten dan Provinsi di Indonesia yang tuntaskan 5 Pilar STBM. System yang telah dibangun KSB menjadikan mekanisme untuk mengantarkan program-program yang lain yang rencananya akan membawa Posyandu keluarga mencapai 100% beserta muatannya dan ini merupakan komitmen dari Pemerintah KSB.

Rabu, 9 Juni 2021 (siang) bertempat di Ruang Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, para pakar /duta STBM H. Tuwuh, SAP selaku Kepala Dinas Kesehatan, Saharudin, SKM selaku Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Benny Tanaya Darwis Selaku Sekertaris STBM Kabupaten Sumbawa Barat menemui Kepala Dinas Kesehatan Prov. NTB dr. H.L. Hamzi Fikri, MM, MARS, Kepala Bidang Kesmas Hj. Tuti Herawati, S.SiT, MPH beserta Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Rizal Smith, ST. dalam rangka percepatan untuk menuntaskan program STBM pilar 4 dan 5 yaitu Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga terus digencarkan, sedangkan pilar – pilar yang lain sudah dideklarasikan, pilar 1 Stop Buang Air Besar Sembarangan Dekalarasi Tahun 2017, Pilar 2 dan 3 Deklarasi Tahun 2019.

Terkait dengan dideklarasikanya Pilar 4 dan 5 yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli 2021, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi NTB beserta lembaga/NGO untuk bersama – sama turun memverifikasi pilar 4 dan 5 STBM sesuai aturan yang berlaku.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *