Dukungan Implementasi Peningkatan Data Rutin Melalui PMKDR di Provinsi NTB

Ketersediaan data dan informasi kesehatan  memegang peranan penting di dalam menunjang pelaksanaan maupun keberhasilan pembangunan kesehatan. Data dan informasi yang benar dan lengkap serta tepat waktu adalah sumber daya yang sangat strategis di semua lini organisasi bidang kesehatan. Dengan data dan informasi, dapat dibuat sebuah keputusan dan menyusun rencana untuk mengatasi masalah yang ditemukan.

Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin (PMDKR)  ini adalah suatu metode yang dirancang untuk staf pengolah data program kesehatan pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota dalam menilai kualitas data rutin dan meningkatkan kualitas data.  Penilaian kualitas data selanjutnya diharapkan dapat dilakukan oleh petugas kesehatan dalam kegiatan rutin, oleh karena itu perlu dilakukan implementasi PMKDR oleh petugas di provinsi, kabupaten/kota dan puskesmas secara berjenjang

Dalam rangka Dukungan Implementasi Peningkatan Data Rutin melalui PMKDR Dinas Kesehatan Provinsi NTB menerima Kunjungan Tim dari Pusat Data dan Teknologi Informasi, disambut langsung oleh Sub Koordinator Datin dan Litbangkes Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi, Irna Rasyid, SKM di Aula Bidang SDK, Senin (7/11/2022).

Kunjungan dilanjutkan dengan pendampingan implementasi PMKDR ke Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur dan puskesmas yang mewakili yaitu Puskesmas Pringgasela dan Puskesmas Lendang Nangka, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah , Puskesmas Puyung dan Puskesmas Bonjeruk, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, Puskesmas Kayangan dan Puskesmas Gangga yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 7 – 9 November 2022.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan data/informasi yang akurat, lengkap dan tepat waktu,  yang akhirnya dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi program kesehatan di tingkat provinsi maupun di masing-masing kabupaten/kota dan puskesmas di Provinsi NTB.