Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Edukasi Gerakan Masyarakat Terhadap Penggunaan Alat Kesehatan dan PKRT. Serta Sosialisasi GeMa CerMat dan Optimalisasi Dalam Rangka Mendukung Germas di Kabupaten/Kota Provinsi NTB

Mataram, (27/02/2019). Resistansi dan penyalahgunaan Obat terjadi akibat kurangnya pemahaman dan informasi kepada masyarakat tentang penggunaan Obat maupun alat kesehatan dengan aman dan benar. Peredaran obat di pasaran pun masih perlu dipantau untuk menghindari penjualan bebas yang tidak bertanggung jawab dan tanpa resep dokter. Masyarakat perlu diedukasi dan diberikan informasi yang cukup mengenai penggunaan obat dan alat kesehatan.

Kendati demikian, edukasi terhadap masyarakat tidaklah mudah untuk dilakukan. Diperlukan sinergitas antara Pemerintah, Pelaksana dan masyarakat sebagai sasaran. Maka keterlibatan masyarakat menjadi senjata ampuh untuk memberikan edukasi dan sosialisasi yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Melalui Program Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat), Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) dan Penggunaan Obat Rasional (POR) pemerintah mencoba mengedukasi masyarakat tentang penggunaan Obat dan Alat Kesehatan dengan aman dan benar dengan melibatkan pihak terkait dan masyarakat.

Maka dibentuklah kader-kader yang melibatkan lintas sektor dan lintas program, organisasi profesi farmasi dan kesehatan, perguruan tinggi, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta elemen-elemen masyarakat lainnya. kader-kader tersebut di dampingi oleh Apoteker AOC (Agent Of Change) yang memberikan pembekalan tentang obat-obatan dan alat kesehatan dan kefarmasian kepada para kader.

Tugasnya adalah memberikan informasi kepada masyarakat di lingkup kerja masing-masing tantang penggunaan obat, alat kesehatan yang baik dan benar dengan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dengan pendekatan keluarga.

Untuk itu Seksi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi NTB selaku fasilitator melaksanakan kegiatan Edukasi Gerakan Masyarakat Terhadap Penggunaan Alat Kesehatan dan PKRT yang benar. Serta Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) dan Optimalisasi AOC Dalam Rangka Mendukung Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten/Kota Provinsi NTB Rabu, (27/02/2019) di Hotel Golden Palace Mataram

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Mataram yang diwakili Bapak dr. H. Usman Hadi selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram yang di tandai dengan pemukulan Gong Oleh Kepala Dinas Keehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A. Hadir pula Narasumber Pusat Bapak Chandra Lesmana, S.Farm, Apt dari Direktorat Pelayanan Kefarmasian Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Yuanita Fitriani, MKM., Apt. Selaku Administrator Kesehatan Direktorat Penilaian Alat Kesehatan dan PKRT, Kementrian Kesehatan RI.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A bersama Kepala Dinas Kesehatan Kata Mataram dan Narasumber pusat saat Membuka Kegiatan

Pembentukan Apoteker AOC (Agent Of Change) dan Kader dimaksudkan agar dapat memberikan edukasi secara merata dan menyeluruh dan dapat menjangkau masyarakat yang sulit mendapatkan akses informasi, dengan sistem Door-To-Door sehingga diharapkan dapat merubah prilaku masyarakat terutama dalam hal penggunaan obat dan alat kesehatan.

Sebanyak 165 Orang peserta yang hadir diberikan pembekalan tentang penggunaan obat dan alat keehatan dengan aman dan benar. Mereka adalah orang-orang yang terpilih untuk melakukan edukasi secara langsung kepada masyarakat sebagai bentuk partisipasi Masyarakat Provinsi NTB dalam upaya mendukung program pemerintah Indoneisa Sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Dokumentasi Kegiatan

Download Materi Pertemuan

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.