Evaluasi Capaian Penurunan Stunting NTB, BKKBN Selenggarakan Forum Komunikasi Tingkat Provinsi

Forum Koordinasi Stunting dalam rangka Evaluasi Capaian Percepetan Penurunan Stunting semester 2 Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2023 diselenggarakan oleh BKKBN NTB, Rabu (13/12) di Hotel Golden Palace, Mataram. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr. dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM.MARS., mewakili PJ Gubernur, Miq Gita, memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Miq Gita melalui Dr. Fikri menyampaikan bahawa NTB telah melakukan pendampingan dan penguatan pemanfaatan E-PPGBM pada Posyandu Keluarga, sebagai wadah penggerakan dan pemberdayaan masyarakat pada seluruh siklus hidup, mulai dari ibu hamil, bayi, balita, remaja, usia produktif sampai dengan lansia.

Secara kelembagaan, NTB telah memiliki 7.716 Posyandu Keluarga yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota se-NTB.

Tren penurunan stunting di NTB setiap tahunnya juga terus terjadi, yaitu tahun 2019-2020 sebesar 2,4%, tahun 2020-2021 sebesar 4,3%, tahun 2021-2022 sebesar 2,4%, dan tahun 2022-2023 sebesar 3,0%. Adapun target penurunan stunting secara nasional sebesar 2.6% per tahun dan NTB telah berhasil mencapai target nasional tersebut yaitu di bawah 14%.

Forum ini menjadi wadah untuk melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan integrasi program dan kegiatan percepatan penurunan stunting dengan Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa, dan Pemangku Kepentingan, sehingga pelaksanaan percepatan penurunan stunting lebih optimal.

#CegahStunting #NTB #MajuMelaju #DinasKesehatan #DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat