Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Finalisasi Pelatihan Tenaga Kesehatan Terampil MXGP Samota Sumbawa

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Handomi Hasan memantau Rangkaian Kegiatan Finalisasi Pelatihan Tenaga Kesehatan Terampil MXGP Samota Sumbawa yang diselenggarakan Rabu, 15 Juni 2022 di Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan diawali silaturahmi dengan Bupati Sumbawa, Drs, H. Mahmud Abdullah dan Wakil  Bupati, Dewi Novianti, S.Pd.,M.Pd  sekaligus melaporkan kegiatan serta detail kegiatan dan Persiapan Tim Kesehatan  MXGP Samota Sumbawa 2022 yang akan dilaksanakan, kemudian dilanjutkan ke Sekda Kabupaten Sumbawa, Drs.H. Hasan Basri, MM, terkait kesediaan membuka secara resmi Pelatihan Tenaga Kesehatan MXGP Samota Sumbawa 2022, serta Koordinasi Lintas Sektor dan Program Kabupaten Sumbawa.

Selanjutnya Sekretaris Dinas Kesehatan memantau jalannya pelatihan tenaga kesehatan yang dikuti oleh 70 orang peserta dari  RSUD Provinsi NTB, RSUD H.L Abdulkadir Manambai, dan Puskesmas  Terpilih di Kabupaten Sumbawa.

Peserta Pelatihan dibimbing langsung oleh Dokter Spesialis Olahraga (dr. Eko)  mengenai beberapa hal teknis yang harus diketahui dan dilakukan oleh para Tenaga Medis saat Bertugas di Sirkuit MXGP Samota Sumbawa, diantaranya adalah :

  • Pembagian jumlah Tim disetiap titik Lingkaran Sirkuit MXGP, pada setiap titik tersebut ditempatkan Dokter dan Perawat serta Tenaga Evakuasi, masing-masing Tenaga Medis diberikan keterampilan cara penanganan Gawat Darurat dan Life Saving jika terjadi kasus kecelakaan pada Rider dimana meliputi kesiapsiagaan dalam sistem pernafasan dan sirkulasi.
  • Setiap Tenaga Medis dibekali Ilmu dan Tanggap Darurat serta Kecakapan dalam mengantisipasi setiap kemungkinan yang akan terjadi pada Race MXGP.
  • Setiap Tenaga Medis harus mempersiapkan diri dalam kebugaran dan kesehatan diri sendiri sehingga mampu membantu dalam penanganan kasus yang terjadi di MXGP.
  • Pemberian informasi tentang sistem alur pasien evakuasi ke Tenda Medis
  • Tindakan pengamanan diri saat Evakuasi pasien terhadap Rider lainnya.

Selain itu juga disempaikan mengenai :

  • Tidak tersedianya tenda khusus bagi Petugas Medis yang sedang berjaga, oleh karena itu diharapkan harus menggunakan Alat Pelindung Diri dalam mengantisipasi Faktor kelelahan dan dehidrasi.
  • Sistem Rolling Jaga dan Backup dalam satu titik poin sedang mengevakuasi pasien maka Tim medis lain segera menempati Posko Tim Medis kosong tersebut.
  • Koordinasi dan Satu Komando dalam Pelaksanaan Pemantauan dan Penanganan kasus-kasus yang Akan terjadi dalam Event MXGP tersebut.

Selanjutnya Sekertaris Dinas Kesehatan melakukan Pertemuan Teknis dengan GM PT. Pelindo 2  Sumbawa terkait dengan kesiapan Pelabuhan Badas, kesiapan lahan parkir dan teknis parkir serta lokasi tenda medis yang disediakan di Pelabuhan Badas.

Sebagai rangkaian akhir kegiatan, dilakukan pemantauan lokasi Helipad yang disiapkan di Kompi Brimob Kabupaten Sumbawa, hal ini dilakukan untuk memastikan Landasan Helikopter Untuk Ergency benar-benar dalam keadaan Aman untuk digunakan selama Event MXGP Samota Sumbawa 2022.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.