THE FRED HOLLOWS FOUNDATION – INDONESIA

Merupakan Lembaga Internasional non-pemerintah yang bersifat non-sektarian, non-politik dan nir-laba. Didirikan pada tahun 1992 dan berkedudukan di Australia. Lembaga ini bertujuan untuk membangun kerjasama antara para pihak guna memperkuat dan melaksanakan program penanggulangan gangguan pengelihatan dan kebutaan melalui implementasi program Seeing is Believing (SIB) dan Program  Vision For Indonesian People (VIP). Lembaga ini bekerja di Indonesia sejak tahun 2012 dan pada tanggal 30 Maret 2017 memiliki MOU dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Seeing Is Believing merupakan program untuk mengurangi angka kebutaan diusia sekolah antara 7-15 tahun yang mengikuti pendidikan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjut Tingkat Pertama (SLTP) di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang meliputi Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Sumbawa Barat. Kegiatan yang dilakukan antara lain. Pelatihan untuk Dokter, Pelatihan untuk Perawat, Pelatihan untuk Guru, Screening untuk Siswa Sekolah, serta subsidi kaca mata untuk siswa tidak mampu.

Vision For Indonesian People adalah program yang ditujukan untuk masyarakt umum yang mengalami gangguan pengelihatan atau kebutaan karena katarak. Program ini dilaksanakan di dua kabupaten yaitu Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Fokusnya adalah dengan peningkatan SDM melalui pelatihan oleh Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten, Puskesmas dan Kader. Operasi katarak bagi penderita gangguan pngelihatan yang disebabkan oleh katarak. Penguatan Sistem Informasi Pelaporan serta upaya penangulangan gangguan pengelihatan dan kebutaan melalui upaya promotif dan preventif. 

Dalam melaksanakan programnya The Fred Hollows Foundation – Indonesia bermitra dengan Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, BKMM, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota terkait, Perdami, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, RSUD dan RSUP di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada tangal 21 Januari 2018 The Fred Hollow Foundation – Indonesia melakukan kunjungan dan observasi dalam rangka memantau sejauh mana program mereka berjalan di Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Kunjungan The Fred Hollow Foundation Ke Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Kunjungan The Fred Hollow Foundation – Indonesia ke salah satu Sekolah Dasar di Mataram

Kunjungan The Fred Hollow Foundation Indonesia ke BKMM Provinsi NTB

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook