Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Gender & Inclusion Workshop in the Light of the Former Gender Barriers in Eye Care Research

Sebagai kelanjutan dari dua (2) proyek sebelumnya di lima (5) kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sudah berakhir pada tahun 2020 lalu, maka di tahun 2022 hingga 2025 The Fred Hollows Foundation akan meneruskan dukungan membantu Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk memperbaiki status kesehatan mata pada masyarakat dan anak sekolah melalui Comprehensive Community Eye Care (CCEC) Project

Sebagai bagian dari persiapan penandatanganan Partnership Agreement antara Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dinkes Prov. NTB) dengan The Fred Hollows Foundation (FHF) Indonesia dan pengimplementasian CCEC Project 2022-2025, maka dilaksanakan  kegiatan Gender & Inclusion Workshop in the Light of the Former Gender Barriers in Eye Care Research mulai tanggal 19-24 Agustus 2022 di Hotel Santika Mataram. 

Kegiatan Workshop ini dihadiri oleh 32 peserta dari lintas program dan lintas sektor di lingkup Provinsni NTB, Kabupaten Lombok Tengah dan Kota Mataram, diantaranya berasal dari Dinas Pendidikan, Biro Kesra Setda NTB, RS Mata, RSUP Provinsi NTB, Kanwil Kemenag, Dinas Kesehatan Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah serta Perwakilan Puskesmas di wilayah Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah serta beberapa orang lintas program di lingkup Dinas Kesehatan Provinsi, seperti seksi Kesga, yankes Primer, P2MZ dan P2PTM, Keswa dan Napza.

Kegiatan Gender & Inclusion Workshop ini dikaitkan dengan hasil temuan dan rekomendasi pada penelitian 2021-2022 lalu yang juga sudah dipaparkan hasil penelitiannya kepada pihak yang berwenang di NTB oleh Tim Peneliti Centre for Strategic & International Studies (CSIS) dan PERDAMI Provinsi NTB pada pertengahan Maret 2022 lalu. 

Kegiatan workshop ini bertujuan untuk  :

  • Membunyikan hasil penelitian Gender & Inclusion Workshop in the Light of the Former Gender Barriers in Eye Care Research ke dalam Proyek CCEC 2022-2025.
  • Mengarusutamakan temuan dan rekomendasi hasil penelitian tersebut di atas dalam implementasi Proyek CCEC 2022-2025.
  • Membantu arah revisi dan pembuatan media Komunikasi-Informasi-Edukasi (KIE) untuk masalah katarak yang ditujukan bagi masyarakat umum dan masalah gangguan refraksi yang ditujukan bagi anak sekolah setingkat SD & SMP.
  • Membantu arah pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Announcement, PSA).

Dengan dilaksanakanya workshop ini diharapkan dapat memaksimalkan semua potensi Mitra Kerja dalam upaya memperbaiki kesehatan mata masyakarat.