Hari Gizi dan Kanker

Dikes NTB Gelar Hari Gizi Nasional (HGN) ke-57 dan Hari Kanker Sedunia

“Mari Makan Sayur dan Buah Setiap Hari”

Mataram__Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi NTB kini memasuki Usia ke-57. Kegiatan tersebut dikaitkan dengan peringatan Kanker Sedunia dan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang bertema “Dengan budaya K3 Kita Tingkatkan Kulitas Hidup Menu
ju Masyarakat yang Selamat, Sehat dan Produktif”. Peringatan tersebut digelar di Taman Udayana Mataram, Minggu (5/2) kemarin.

Tema HGN ke-57 kali ini adalah”Ayok Makan Sayur dan Buah Setiap Hari, Untuk Mencegah Kanker Menuju Masyarakat Sehat”.

Hari Gini Nasional (HGI) merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk melaksanakan Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi dan Pencapaian Indonesia Sehat.

HGN tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan dengan melibatkan semua para pemangu kepentingan untuk secara terus menerus melakukan sosialisasi dan advokasi percepatan perbaikan gizi.

Sekda NTB, Ir. H. Rosiady Husaenie Sayuti, dalam sambutannya pada Hari Gizi Nasional ke-57 menyampaikan, dirinya mengajk seluruh masyarakat baik Lansia, Dewasa, Remaja muapun anak-anak agar gemar makan sayur dan buah, “Kalau Mau Sehat Jagalah Pola Makan Kita” terang Sayuti.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A, menyampaikan, Hari ini (read kemarin), kita memperingat dua hal yang sangat berkaitan, yang pertama Hari Gizi Nasional (HGI) ke-57 yang dikaitkan dengan Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari 2017.

Keterkaitan antara Kanker dan Gizi sangat jelas karena 22% resiko kanker bisa ditekan dengan makan sayur dan buah. ”Untuk itu, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dalam upaya peningkatan mutu gizi perseorangan maupun masyarakat. Dimana masalah gizi adalah salah satu indikator utama dari RPJMD NTB” Jelas Nurhandini.

Peringatan HGN kali ini, dirangkaikan dengan Senam Bugar yang diikuti oleh ratusan peserta, penyediaan Layanan Cek Kanker Gratis, Konseling Gizi sekaligus Pembagian Dorprize.

Hadir dalam peringatan tersebut Sekda NTB, Ir. H. Rosiady Husaenie Sayuti, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A, Ketua BKOW Provinsi NTB, Hj. Syamsiah Muh Amin, Jajaran SKPD Prov. NTB dan Stakeholder Dinas Kesehatan Prov. NTB.(Boy/ADV)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pilih Bahasa »
Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook