Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Implementasi Agent of Change Dimulai dari Lingkungan Sendiri

Penyakit tidak menular (PTM), juga dikenal sebagai penyakit kronis dengan durasi yang panjang dan progress penyembuhan yang umumnya lambat. Semua kelompok usia dan semua wilayah di dunia beresiko terkena PTM. Sebanyak 80% kasus penyebab kematian PTM berada di negara penghasilan menengah dan rendah.

Meningkatnya kasus PTM disebabkan antara lain karena adanya transisi epidemiologi, transisi demografi, transisi gizi, transisi perilaku yang cenderung kurang bergerak, konsumsi rendah serat, tinggi gula, garam dan lemak (GGL), merokok, alkohol serta stress.

Kesehatan masyarakat sangat penting bagi penanganan PTM yang kondisinya belum maksimal, oleh karena itu peran dari tenaga kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan untuk peningkatan ketahanan kesehatan nasion

Dalam hal ini kita perlu mendorong ke arah edukasi (promotif) dan pencegahan (preventif) kepada masyarakat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.  Karena jika perilaku baik dan lingkungan terjaga kebersihanya maka dengan sendirinya kehidupan masyarakat akan jauh lebih sehat. 

Dinas Kesehatan Provinsi NTB saat ini benar-benar sangat aktif melakukan berbagai kegiatan promotif maupun preventif kesehatan yang mengarah kepala gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Masyarakat karena Tenaga kesehatan memiliki peran sebagai Agent of Change (AoC) Kesehatan.

Salah satunya adalah melalui kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Seksi P2PTM (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular)  Dinas Kesehatan Provinsi NTB yaitu melakukan senam kebugaran di lingkungan perkantoran  setiap hari sebelum memulai aktivitas, hal ini dilakukan sebagai upaya dalam pencegahan  Penyakit Tidak Menular dan menjadi  wujud nyata implementasi Agent of Change (Agent Perubahan menjadi lebih baik) dimulai dari lingkungan sendiri.

Mari mewujudkan ”NTB Sehat dan Cerdas”  dengan mulai menjadi Agent of Change mulai dari diri sendiri dan sebagai penggerak penggerak masyarakat dalam mentradisikan perilaku CERDIK yaitu :

Cek kesehatan secara berkala

Enyahkan asap rokok

Rajin aktivitas fisik,

Diet sehat dan gizi seimbang,

Istirahat cukup, dan

Kelola stress.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.