Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Insfeksi Kesehatan Lingkungan (IKL)

Pasar Sehat adalah kondisi pasar yang bersih, nyaman, aman dan sehat melalui kerjasama stakeholder terkait dalam penyediaan pangan yang aman dan bergizi bagi masyarakat. Dalam upaya mewujudkan pasar sehat, perlu dilakukan pemantauan dan inspeksi secara rutin baik oleh dinas kesehatan maupun puskesmas bersama pengelola pasar, Dinas kesehatan provinsi juga perlu melakukan uji petik inspeksi kesehatan lingkungan pasar (IKL) seperti yg dilakukan di pasar Bolo kab bima.

Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas kesehatan Prov. NTB beserta Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, UPT pasar Bolo dan Puskesmas Bolo pada hari Senin tanggal 1 Juli 2019 telah melaksanakan kegiatan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) di Pasar Bolo.
Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) ini dilaksanakan dalam upaya pencapaian target Indikator presentase Tempat Tempat Umum yang Memenuhi Syarat Kesehatan (TTU-MS) “PASAR SEHAT pada pasar tradisional, dimana pasar tradisional merupakan sarana dalam pemenuhan kebutuhan bahan pangan masyarakat terutama golongan menengah ke bawah, serta mengidentifikasi faktor faktor yg dapat menyebabkan pasar menjadi tidak memenuhi syarat.

Faktor faktor yang dinilai dalam kegiatan IKL pasar adalah Lokasi pasar, bangunan pasar, kondisi sanitasi pasar, prilaku hidup bersih dan sehat pedagang dan pengunjung pasar dan keamanan pasar. Dari hasil Penilaian di pasar Bolo di peroleh bobot 3.825 poin dari standar minimum 7.500 poin untuk pasar sehat. Berdasarakan hasil tersebut pasar Bolo belum masuk kategori PASAR SEHAT. Beberapa faktor penyebanya antara lain: Perilaku pedagang dan pengunjung yang belum menerapkan perilaku Hidup bersih dan sehat, serta ketersedian fasilitas sanitasi yg masih minim. Pembagian zooning untuk jenis jenis pangan yg di jual belum teratur. Tempat Sampah yg kurang memadai, frekuensi pengangkutan sampah dari tempat pengumpulan sementara ke tempat pengelolaan akhir belum maksimal. Pedagang yg menjual pangan siap saji belum menerapkan cara produksi pangan yang baik dan sehat.

Pasar sebagai fasilitas umum juga akan menjadi jalur utama penyebaran penyakit menular apabila kondisi pasar tidak memenuhi syarat. Peran serta, komitmen dan partisipasi aktif dari para pemangku kepentingan sangat di harapkan untuk mendorong terwujudnya pasar Sehat

Dokumentasi Kegiatan:

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.