Jumat Salam, Dinkes NTB Kunjungi Desa Kemuning Sumbawa Barat

Program Jumat Salam atau “Jumpai Masyarakat, Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat” kembali dilanjutkan.  Pada minggu ke-3 bulan Juni 2024, tepatnya pada Jumat (21 Juni 2024), Jumat Salam dilaksanakan di Desa Kemuning Wilayah Kerja Puskesmas Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Nina Yulaida, SKM., M.Kes, beserta tim lakukan kunjungan sebagai rangkaian Program Jumat Salam.  Turut hadir Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, Ka. Tu Puskesmas Sekongkang dan Kepala Desa Kemuning

Desa Kemuning merupakan salah satu desa yang berada di lingkar tambang PT. Amman Mineral dengan jumlah penduduk 980 jiwa dan 225 KK.  Sebagian besar penduduk bekerja menjadi karyawan di PT Amman Mineral sekitar 70 %, sisanya sebagai PNS, berdagang dan wiraswasta.

Desa Kemuning mempunyai potensi sebagai desa dengan Perencanaan Desa Terbaik, selain itu Desa Kemuning juga mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya adalah desa dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) Award, Pengelola Keuangan Desa Terbaik, dan WP Desa dengan Tex Ratio terbaik.

Selain potensi yang dimiliki, Desa Kemuning juga menghadapi beberapa permasalahan terkait kesehatan seperti masih adanya kasus DBD, dan kasus stunting sebanyak 5 kasus yang semula berjumlah 11 kasus.

Namun dengan dukungan desa melalui ADD (Alokadi Dana Desa), PT. Amman Mineral dan Care Indonesia dilakukan kegiatan pelatihan kader dan masyarakat, monev kegiatan posyandu oleh desa, pembuatan Dapur Gizi untuk penanggulangan stunting.  Dilakukan juga kerjasama dengan BKKBN dalam persiapan calon pengantin yang sehat agar tidak melahirkan generasi stunting.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat terus berupaya melakukan pembinaan dan edukasi melalui Puskesmas setempat untuk memastikan kasus-kasus tertangani dengan baik serta pemantauan dan pelayanan kesehatan masyarajat melalui 2 posyandu yaitu posyandu keluarga Kasih Bunda 1 dan 2 yang saat ini berjalan sangat baik.

Untuk pencegahan kasus DBD, desa setempat menjadikan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) sebagai agenda rutin desa yang anggaranya masuk dalam APBD desa, PSN ini tidak hanya dilakukan saat ada kasus DBD.

#JumatSalam #DesaKemuning #KSB #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat