Kabupaten Bima Antarkan NTB Jadi Provinsi Pertama Capai 5 Pilar STBM

Verifikasi Pilar 4 dan 5 STBM di Kabupaten Bima dilaksanakan pada Kamis (7/3/2024). Hasil verifikasi menyatakan Kabupaten Bima lulus dengan hasil baik, dan menjadikan Bima sebagai Kabupaten pamungkas karena semua Kabupaten/Kota di NTB telah mencapai 5 pilar STBM. Capaian ini mengantarkan provinsi NTB menjadi Provinsi pertama di Indonesia yang mencapai 5 pilar STBM.

Verifikasi STBM dilakukan oleh Tim Verifikator Provinsi NTB dari unsur POKJA PPAS NTB, berdasarkan semua Desa/Kelurahan yang telah diverifikasi sebelumnya oleh tim verifikator Tingkat Kecamatan dan Kabupaten Bima.

Lahirnya komitmen keberlanjutan STBM ditanda tangani oleh kepala Daerah serta OPD anggota POKJA AMPL Kabupaten Bima.

Metode verifikasi dilakukan melalui penetuan Desa/Kelurahan secara acak sebelum verifikasi ke lapangan dilakukan. Lokasi yang terpilih untuk diverifikasi yaitu Desa Tangga kecamatan Monta, Desa Lamere Kecamatan Sape, Desa Soro Kecamatan Lambu dan Desa Sondo Kecamatan Monta.

Hasil verikasi dibacakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, dihadiri oleh Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kabid P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dan seluruh Anggota POKJA AMPL Kabupaten Bima, didampingi tim dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Setelah capaian ini diraih, NTB harus mempersiapkan diri dengan terus melakukan pembenahan kembali, mengevaluasi seluruh hasil verifikasi dan menjaga komitmen semua Kepala Daerah Kabupaten/Kota menuju verifikasi nasional.

#STBM #KesLing #KabupatenBima #5PilarSTBM #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat