Kadinkes Membuka Kegiatan Workshop Pendampingan Kader Kesehatan Provinsi NTB

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr. dr. H. L. Hamzi Fikri, MM., MARS hadir membuka secara resmi Workshop Pendampingan Kader Kesehatan Provinsi NTB di Hotel Puri Indah, Selasa (23/4/2024).

Kegiatan ini merupakan dukungan UNICEF melalui mitra pelaksana PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) di Provinsi NTB.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan kapasitas pendampingan kader tentang esensial layaan kesehatan ibu dan anak maternal dan neonatal
  2. Melatih pendamping kader dalam pendampingan kader saat mendukung kalhiran maternal dan neonatal
  3. Meningkatkan kapasitas pendamping kader dalam melakukan pendampingan kader yang menggunkan lembar pendampingan
  4. Mendapatkan informasi terkait komptenetsi dasar kader yang perlu ditingkatkan

Kadinkes NTB dalam sambutanya menyampaikan bahwa menurut dokter Bahsa dari Kemenkes di NTB yang pertama kali membuat modul pendampingan.  Hal ini sesuai dengan komitmen Kementerian Kesehatan dalam melakukan transformasi layanan primer dengan melakukan penguatan aspek layanan primer.

Aspek layanan primer di NTB sudah dimulai dengan Posyandu Keluarga yang saat ini sudah mencapai lebih dari 7000, ini merupakan modalitas yang sangat luar biasa dengan adanya Integrasi Layanan Primer (ILP).

Bahkan dari posyandu yang pernah dikunjungi oleh dinas kesehatan pernah mendapat penghargaan kader terbaik Level Nasional, sehingga diharapkan ini dapat menjadi contoh bagi kader yang lain  dan juga dapat mentransfer ilmunya ke kader yang lain.

Kadinkes juga menyampaikan dalam paparanya, bahwa dalam 10 tahun terakhir ini trend penyakit telah bergeser ke Penyakit Tidak Menular (PTM).  Saat ini Usia Harapan Hidup di Provinsi NTB menurut data BPS adalah 72,02 tahun, harapanya kedepanya bisa menjadi 80 tahun.

Kadinkes menekankan bahwa saat ini kondisi NTB sudah terintegrasi dengan pendekatan siklus hidup di posyandu keluarga. Dengan kata lain kita melakukan start lebih awal dibandingkan dengan provinsi lain.

Salam sehat dan tetap semangat!

#NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #SalamSehat #HumasSehat