Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Kegiatan pembinaan pencegahan dan pengendalian DBD oleh Kemenkes RI

Kegiatan pembinaan pencegahan dan pengendalian DBD oleh Kemenkes RI oleh dr. Asik surya, MPPM selaku koordinator substansi Arbovirosis kemenkes. Dalam kegiatan ini dilakukan validasi data DBD di Dinas Kesehatan Provinsi NTB diseksi P2PMZ dan Seksi SIK. Validasi data ditingkat kabupaten dilakukan pada Dinas Kesehatan Lombok Barat serta bimbingan teknis kegiatan DBD di Puskesmas Kuripan Lombok Barat.
Berdasarkan arahan kemenkes masyarakat diharapkan waspada terhadap penularan DBD melalui PSN 3M Plus dengan melibatkan seluruh sektor terkait.
Kewaspadaan dini terhadap penularan DBD harus diperhatikan mengingat kasus DBD yang terjadi di awal tahun dan terjadinya kasus kematian akibat DBD.
Pada kesempatan ini pula, disampaikan agar Dinas Kesehatan melakukan upaya inovatif terhadap penanggulangan DBD, seperti pemberian penghargaan terhadap desa atau dusun, pada sekolah/pesantren yang bebas jentik. Selain itu penguatan kerjasama lintas program dan lintas sektor harus ditingkatkan, karena upaya penanggulangan DBD ini tidak bisa dilakukan oleh bidang kesehatan saja, melainkan ada keterlibatan multisektoral.

By : Asti

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.