Gerak Cepat Tim Surveilans Dinkes NTB, Investigasi Keracunan Ikan Tongkol di Lombok Timur

Gerak cepat Tim Surveilans Epidemiologi, Imunisasi dan Kesehatan Bencana Dinas Kesehatan Provinsi NTB dalam investigasi kasus keracunan pangan, kali ini kasus keracunan terjadi di Kabupaten Lombok Timur. Investigasi dilakukan pada Kamis (18/1).

Kasus keracunan pangan dialami oleh siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Ketapang Raya, Dusun Lungkak, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur. Siswa diduga mengonsumsi abon ikan tongkol yang bahannya dibeli pagi hari tapi diolah sore hari.

Abon dikonsumsi di sekolah lalu muncul gejala keracunan seperti pusing, mual, dan gatal-gatal. Sebanyak 20 siswa yang mengalami gejala telah ditangani oleh tim kesehatan baik Puskesmas maupun RS Patuh Karya. Saat ini semua siswa sudah dinyatakan sembuh.

Telah dilakukan pengambilan sampel untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh BPOM Mataram.

Dinkes Provinsi NTB dan Dinkes Kab. Lombok Timur berkoordinasi dengan Dinas Perikanan Kab. Lombok Timur dalam rangka meningkatkan keamanan hasil perikanan laut untuk mencegah terjadinya keracunan pangan dari hasil perikanan laut.

#NTBMajuMelaju #PemprovNTB #InvestigasiKeracunan #TimSurvailans #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #HumasSehat #SahabatSehat