Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Kick Off Vaksinasi Covid-19 Boster ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) di Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Dalam rangka memperkuat imunitas tubuh sebagai perlindungan dari virus Covid-19, serta memaksimalkan pencegahan dampak buruk atau komplikasi virus Covid-19, dilaksanakan Kick Off Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) di Dinas Kesehatan Provinsi NTB hari ini, Senin (8/8).

Vaksinasi diselenggarakan di Aula Bakti Husada Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Seluruh karyawan mendapatkan Vaksin Booster ke-2 jenis Moderna. Rencananya, pemberian vaksin booster ke-2 untuk Dinas Kesehatan Provinsi NTB akan dituntaskan hingga Kamis mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM. MARS., yang pada saat kegiatan berlangsung sedang menjalankan tugas dinas di Lombok Timur, tetap memantau kegiatan vaksinasi Booster ke-2 ini secara daring melalui Zoom Meeting. Beliau berharap, pemberian vaksin ini dapat meningkatkan imunitas SDMK sehingga memaksimalkan langkah untuk melayani masyarakat selama menghadapi virus Covid-19, yang belakangan ini kasusnya kembali meningkat di Indonesia.

Berdasarkan keterangan dari Kemenkes RI, Perkembangan kasus Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) akhir-akhir ini menunjukkan peningkatan kasus di Indonesia. Sementara SDM Kesehatan merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar COVID-19. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 bagi SDM Kesehatan.

Dengan demikian, seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan diharuskan melaksanakan vaksinasi COVID-19 booster ke-2 bagi SDM Kesehatan. Pemberian vaksinasi COVID-19 dosis booster ke-2 tersebut diberikan dengan interval 6 bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.