Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Dinkes Dukung Kampung Sehat Jilid II, Wujud Komitmen Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Setelah sukses menggelar Lomba Kampung Sehat tahun 2020 lalu, Polda NTB kembali Melaunching Lomba Kampung Sehat Jilid II di Lapangan Tenis Polda NTB, Kamis, 18 Februari 2021. Acara dihadiri Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah. S.E., M.Sc., dan Lintas Program Lintas Sektor

Di Era Pandemi Covid-19 saat ini, Kampung Sehat menjadi instrumen penting dalam upaya memutus penularan Covid-19, khususnya di NTB. Kampung sehat memiliki peran yang cukup strategis untuk mengedukasi masyarakat terkait Covid-19, serta untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19 di NTB.

Porsi penilaian pada Kampung Sehat Jilid Ke II menitik beratkan pada bidang kesehatan, keamanan dan pemulihan ekonomi, dimana kesehatan mendapatkan porsi 70%, itu artinya Lomba Kampung Sehat Jilid II akan memfokuskan kepada penanganan Covid-19.

Kendati mendapatkan porsi penilaian tertinggi, Gubernur NTB mengingatkan bahwa pemulihan ekonomi menjadi poin penting yang harus dijaga. “hampir semua penduduk di desa kita ini tidak lagi takut pada Corona, tapi lebih takut pada kehilangan pekerjaan“, ujar orang nomor satu di NTB tersebut. Keresahan masyarakat yang demikian bukan tanpa alasan. Pandemi Covid-19 telah berdampak besar bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat, banyak masyarakat yang akhirnya harus kehilangan pekerjaan akibat Covid-19, pada kondisi tersebut masyarakat dihadapkan pada sitasi sulit antara keselamatan dan tuntutan perut.

Pemeritah telah berfikir keras agar bisa keluar dari situasi saat ini, dan Program Kampung Sehat menjadi salah satu inovasi cerdas yang diambil pemerintah NTB saat ini, karena melalui program inilah masyarakat akan benar-bener teredukasi tentang bagaimana menjaga diri dari Covid-19, dan bagaimana strategi ekonomi dapat dijalankan di tengah pandemi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM., MARS., dalam sambutannya menyakinkan kita semua, bahwa saat ini jajaran kesehatan sedang bekerja keras untuk meningkatkan prosentase angka kesembuhan, seberapa banyakpun jumlah kasus yang kita temui, angka kesembuhannya harus tinggi.

dr. Fikri (panggilan akrab Kadinkes) juga mengingatkan tentang pentingnya selalu menjaga dan menjalankan protokol kesehatan sebagai kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh masyarakat. 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan Dengan Sabun, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, Membatasi Mobilitas) dan 3T (Test, Tracing, Treatment) merupakan salah satu solusi pamungkas selain vaksinasi yang bisa ditempuh saat ini, ujarnya penuh semangat.

Launching Kampung Sehat Jilid II di tandai dengan pemukulan Model Virus Covid-19 secara simbolis Oleh Gubernur NTB, Kapolda NTB dan Dandrem Wirabakti 128, yang memaknai bahwa Lomba Kampung Sehat Jilid ke II ini merupakan ikhtiar bersama seluruh stakeholder untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.