Konfirmasi dan Pelacakan Masalah Gizi di Puskesmas Lenek Lombok Timur

By : Seksi Gizi Bidang Kesmas

Dalam rangka Upaya perbaikan gizi masyarakat sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Seksi Gizi Masyarakat melaksanakan Kegiatan Pelacakan dan Konfirmasi Masalah Gizi dan monitoring evaluasi kegiatan gizi di Puskesmas Lenek yang menjadi lokus stunting pada tanggal 22 s/d 23 April 2021.

Kegiatan Pelacakan dan Konfirmasi masalah Gizi ini dilaksanakan untuk mendapatkan informasi dan gambaran yang jelas serta penajaman maupun refocusing kegiatan gizi masyarakat dan factor-faktor yang mendukung serta masalah atau kendala yang dihadapi masyarakat.

Hasil dan Rekomendasi kegiatan konfirmasi dan pelacakan kasus gizi buruk di Puskemas Lenek Kabupaten Lombok Timur antara lain : demonstrasi masak PMBA pada 4 posyandu yang dilakukan setiap bulan melalui dana BOK (Bantuan Operasional Kesehatan), penyuluhan dari TPG kepada ibu sasaran. 

Untuk kegiatan bidan desa yang ada di wilayah puskesmas lenek membantu saat kegiatan posyandu pada pengisian form pemantauan pertumbuhan untuk sasaran yang tidak tercover oleh TPG (Tenaga Pelaksana Gizi), kegiatan distribusi Tablet Tambah Darah (TTD) Remaja  saat pandemi, TTD diterima di sekolah dan diminum di rumah dan Kegiatan penyuluhan/konseling dilakukan untuk ibu hamil KEK dan Balita kurus. Kegiatan yang dialokasikan dari dana desa dimanfaatkan oleh desa untuk kegiatan konseling kpd ibu hamil dan balita kurus dengan memanfaatkan Tenaga Pelaksana Gizi untuk memberikan konseling, umpan balik hasil pekan penimbangan dilaksanakan 2 kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Sedangkan hasil input data melalui e-PPGBM untuk indikator gizi pada Puskesmas Lenek mencapai 83 %.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *