Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Konsen Terhadap Kesehatan warganya, Medana Raya Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu Secara Mandiri

Perhatian Desa Medana Raya Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur terhadap peningkatan kesehatan warganya dapat dilihat pada upaya-upaya yang dilaksanakan desa tersebut agar masyarakatnya dapat mengakses kesehatan lebih mudah dan optimal.

Salah satunya telah dilaksanakan pengembangan kegiatan posyandu di desa tersebut. Sebelumnya posyandu di Desa Medana Raya hanya memiliki 1 posyandu, kini posyandu di desa tersebut telah dikembangkan menjadi 3 posyandu.

Kesadaran warga desa disana untuk memperoleh layanan pemeriksaan kesehatan secara berkala (setiap satu bulan sekali) membuat perangkat desa Medana Raya sadar bahwa pengembangan posyandu di desa tersebut perlu diiringi dengan peningkatan kapasitas kader posyandu nya. Untuk itu pada hari Kamis (23/1/2020) kemarin Desa Medana Raya menyelenggarakan Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Desa, dengan bersumber dari dana desa.

Nara sumber dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi NTB Dra. Panca Yuniati, Apt. bersama dengan TP-PKK Provinsi NTB Hj. Sri Murniati, S.Sos., MPH. Dalam paparannya, Panca (panggilan akrab Kabid Kesmas) menyampaikan manajemen posyandu, peran dan tugas kader posyandu, jenis kegiatan dan pelayanan kesehatan di posyandu, serta pentingnya pengembangan posyandu konvensional menjadi posyandu keluarga yang melayani masyarakat dari bayi hingga lansia, serta terintegrasi dengan kegiatan terkait lainnya.

Kegiatan yang diikuti sekitar 20 orang kader tersebut berjalan lancar dan penuh perhatian serta semangat. Semangat untuk meningkatkan kesehatan warganya.

Semangat ini bisa menjadi contoh desa lainnya, bagaimana menurut Sahabat Sehat?

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.