Kontribusi NTB Dalam Seminar di Filipina, Dukung Implementasi Program Kesehatan Jiwa di Sekolah

Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta FK dan FKIP Universitas Mataram turut berkontribusi dalam kegiatan Seminar on School Mental Health Programs, Services, and Curricula (Seminar Program, Layanan, dan Kurikulum Kesehatan Jiwa di Sekolah) pada 28-29 November 2023 di Manila, Filipina.

Seminar ini terselenggara atas kerja sama dari University of the Philipines Manila, National Center for Global Health and Medicine (NCGM) Japan, Global Health Center Ryukyus University Japan dan Universitas Mataram.  Dalam seminar ini diadakan sharing terkait implementasi program kesehatan jiwa di sekolah, termasuk kurikulum yang mendukung pelaksanaan kesehatan jiwa dan layanan kesehatan yang tersedia untuk anak sekolah. Sharing tersebut dilaksanakan antara tiga negara, yaitu Filipina, Indonesia (NTB), dan Jepang.

Selain paparan terkait implementasi kesehatan jiwa di sekolah, peserta juga diberikan materi terkait Psychological First Aid, yang mencakup hal-hal yang perlu dilakukan untuk dukungan psikologi pada anak sekolah dalam menghadapi stres dan tekanan mental.

Pada hari kedua, peserta melaksanakan field trip ke Jose Laurel High School di Manila untuk melihat best practices terkait implementasi school mental health.

Adapun nama delegasi dari Indonesia yang mengikuti kegiatan tersebut yakni Prof. Dr. dr. Hamsu Kadriyan dan Dr. Cut Warnaini dari Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Dr. Gunawan dari FKIP Universitas Mataram, Purni, MSc dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Nabilla Shopiarany, MSc dari Dinas Kesehatan Provinsi.

#ntbmajumelaju #ntbsehatdancerdas #MentalHealth #KesehatanJiwa #Manila #Philipines #DinasKesehatan #DinkesNTB #DinkesProvNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat