Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Koordinasi dan Advokasi Langkah Awal Penguatan Pelaksanaan Program GERMAS di NTB

Perubahan pola hidup modern telah merubah tren kesehatan di Indonesia, dimana Penyakit Tidak Menular menjadi ancaman serius yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat masyarakat diera teknologi yang kian pesat, kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi menjadikan sebagian besar masyarakat kita meninggalkan banyak rutinitas fisik yang seharusnya dibiasakan, ditambah lagi kebiasaan mengkonsumsi makanan siap saji yang kurang sehat, kebiasaan merokok, minuman keras dll.

Hal inilah yang mendasari terbentuknya GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), melalui GERMAS masyarakat di ajarkan kembali untuk menerapkan Pola Hidup Sehat yang sudah mulai ditinggalkan sebagian besar masyarakat akibat pola hidup modern.

Untuk menguatkan Pelaksanaan GERMAS di NTB Dinas Kesehatan bersama – sama dengan Bappeda, Stakeholder, Lintas Sektor, Ormas dan LSM mengadakan koordinasi dan advokasi guna penguatan regulasi dalam pelaksanaan GERMAS di NTB, yang dilaksanakan di Hotel Aston Inn Mataram, Kamis. 30 September 2021.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri. MM, MARS  beliau berharap melalui kegiatan tersebut akan terbentuk sinergitas dan Intergritas masing – masing OPD dalam Pelaksnaan GERMAS di NTB.

Senada Kepala Bappeda Provinsi NTB Dr. Ir. H. Iswandi. M. Si menghimbau agar masing – masing OPD memiliki kesadaran untuk mendukung pelaksanaan GERMAS di NTB dengan mengintegrasikan program masing – masing.

Pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat harus terus digalakan kepada masyarakat terlebih pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Untuk itu implementasi GERMAS harus dapat dilaksanakan secara nyata tidak hanya berhenti pada advokasi dan sosilaisasi saja. GERMAS harus dibudayakan tidak hanya pada masyarakat umum namun juga pada lingkup instansi sebagai bagian dari rutinitas yang harus dilakukan secara rutin.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.