Kunjungan Delegasi Australia ke Vision Center Puskemas Bagu Kabupaten Lombok Tengah

Delegasi Australia didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr. dr. H. L Hamzi Fikri, MM., MARS, dan Tim P2PTM berkunjung ke Vision Center Puskesmas Bagu Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (18/1/2024).

Kunjungan ini dilakukan untuk melihat dampak dari hasil pelaksanaan program FHF di Indonesia khususnya di NTB dalam penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan akibat katarak, juga sebagai telaah dalam perencanaan FHF atas keberlanjutanya di Indonesia.

Tim diterima langsung oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. H. M. Nursiah, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, dan Kepala Puskesmas Bagu.

Sampai saat ini di Provinsi NTB telah tersebar 11 Vision Center di beberapa Kabupaten. Pemprov NTB mengharapkan pengembangan VC dilakukan minimal 3 VC per Kabupaten/Kota dan tahun 2024 pengembangan 5 VC di Kabupaten/Kota yang belum memiliki VC, pembiayaan akan disupport oleh FHF.

Puskesmas Bagu terus melakukan inovasi dengan Vision Centernya melalui berbagai kegiatan untuk membangun komitmen dengan lintas sektor, guna terlaksananya program secara maksimal seperti Desa Sehat Mata, Screening Kesehatan Mata di kampus dan di sekolah, kunjungan Dokter Spesialis Mata ke Vision Center Puskesmas Bagu, pemberian kaca mata gratis bagi masyarakat dengan gangguan kesehatan mata, serta screening penderita katarak yang akan operasi.

#NTBMajuMelaju #PemprovNTB #GangguanPenglihatan #Katarak #VisionCenter #PuskesmasBagu #FHF #CegahKebutaan #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #HumasSehat #SahabatSehat