Lakukan Monev Terpadu, Bidang Kesmas Dinkes NTB Beri Penguatan Implementasi ILP di Puskesmas Cakranegara

Mengacu pada KMK Nomor HK.01.07/MENKES/2015/2023 tentang Petunjuk Teknis ILP (Integrasi Layanan Primer), penataan organisasi dan sumber daya puskesmas diatur berdasarkan klaster. Terdapat 5 klaster yang diatur berdasarkan kelompok usia sasaran dan fungsi puskesmas. Hal itu dikatakan Hj. Tuti Herawati, S.SiT.,MPH selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Provinsi NTB dalam kegiatan Monitoring Terpadu yang dilaksanakan di Puskesmas Cakranegara, Kota Mataram, Senin (26/02/24).

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Tuti panggilan akrab Kabid Kesmas juga menyampaikan pada klaster 1 dikoordinir oleh Kepala Tata Usaha yang mengurusi manajemen dan ketatausahaan, klaster 2 untuk sasaran ibu dan anak, klaster 3 usia dewasa dan lansia, klaster 4 penanggulangan penyakit menular, dan klaster 5 adalah lintas klaster. Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan pula bahwa puskesmas dalam menerapkan konsep standar ILP dapat dilakukan dengan fleksibel, disesuaikan dengan mengukur kemampuan dari tiap-tiap puskesmas, baik dari segi ketersediaan sumber daya maupun tata grahanya, termasuk penerapan ILP pada tingkat pustu (puskesmas pembantu), poskesdes dan posyandu keluarga. Untuk dapat menerapkan ILP sesuai standar, penting bagi manajemen puskesmas memahami tugas dan sistem klaster yang telah disampaikan tersebut, tegas Tuti lebih lanjut.

Sementara Puri, selaku salah satu tim kerja ILP Bidang Kesmas menilai Puskesmas Cakranegara layak mengaplikasikan pelayanan dengan sistem ILP tersebut, tentunya dengan beberapa rekomendasi yang diberikan setelah proses pendampingan hari ini dilakukan, antara lain: (1) Menyelenggarakan rekam medis elektronik, sesuai dengan Edaran Nomor HK.02.01 Menkes/1030/2023 tentang Penyelenggaraan Rekam Medis; (2) Menyusun SK Tim Klaster dan penanggung jawab klaster dengan mengacu pada juknis integrasi pelayanan kesehatan primer sesuai dengan PMK RI Nomor HK.01.07/MENKES/2015/2023; (3) Pemetaan ruangan dan alur layanan sesuai dengan klaster; (4) Melaksanakan paket pelayanan yang terstandar pada setiap klaster  (5) Memastikan pustu prima berjalan dengan fungsi pelayanan dan fungsi pemberdayaan (melibatkan 2 orang kader); (6) Memastikan tersedianya sumber daya tenaga yang memadai dalam melaksanakan pelayanan sebagai tim klaster.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi NTB beserta tim didampingi Subkoordinator Promkes Dinas Kesehatan Kota Mataram, Kepala Puskesmas Cakranegara beserta 10 Kepala Puskesmas lainnya yang berada di wilayah kerja Kota Mataram. Antusias dan semangat masing-masing Kepala Puskesmas yang hadir dalam kegiatan tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab maupun sesi meninjau langsung penerpan ILP pada Puskesmas Cakranegara.

Penulis : I Gusti Ayu Juliantari, S.ST.,S.Si.,MPH

#ImplementasiILP #MonevTerpaduKesmas #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat