Lanjutkan Ikhtiar Jumat Salam, Dinkes NTB Kunjungi Masyarakat Kelurahan Jempong Baru

Melanjutkan ikhtiar Program Jumat Salam minggu ke-10 sejak dilaunching pada 27 Oktober 2023 lalu, Tim Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Edi Ramlan, SKM., MPH mengunjungi Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela, Wilayah Puskesmas Karang Pule Kota Mataram (19//1/2024).

Kedatangan Tim disambut oleh Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kota Mataram, Kepala Puskesmas Karang Pule, Lurah Jempong Baru dan semua Kader Posyandu se-Kelurahan Jempong Baru beserta masyarakat setempat.

Kelurahan Jempong Baru merupakan salah satu kelurahan dari 5 kelurahan yang ada di Kecamatan Sekarbela dengan angka stunting paling tinggi dan merupakan Wilayah Kerja Puskesmas Karang Pule.

Strategi penanganan stunting dilakukan dengan melibatkan seluruh OPD di Lingkup Pemerintah Kota Mataram dan Kelurahan Jempong Baru menjadi daerah binaan Dinas Kesehatan Kota Mataram untuk penurunan stunting. 

Penanganan stunting salah satunya dengan penjaringan ibu hamil HB rendah. Agar mengurangi risiko melahirkan anak stunting, dilakukan pendampingan bagi ibu hamil tersebut sampai HB normal.

Hal lain yang menjadi pembahasan dalam kunjungan ini adalah perihal keterbatasan tempat pelaksanaan posyandu, karena jumlah penduduk yang sangat padat serta kesulitan dalam menghadirkan anggota posyandu bagi warga yang berdomisili di komplek perumahan (BTN), peningkataan kesejahteraan bagi kader serta distribusi bantuan sosial dari pemerintah yang belum merata.

Menanggapi hal tersebut Dinas Kesehatan menyarankan agar memisahkan tempat pelayanan posyandu antara anak-anak dan lansia, untuk lansia disarnkan dengan memanfaatkan halaman Masjid Jempong yang cukup luas.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan buku kesehatan, poster, Alat Peraga Kesehatan serta Vitamin 5 Box (500 tablet) untuk desa dan posyandu.

#JumatSalam #NTBMajuMelaju #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat