Laporan Kegiatan Pertemuan Rutin Bulanan PCC (Provincial Coordinating Committee) Komponen SIK SR GF-HSS Dinas Kesehatan Provinsi NTB

LATAR BELAKANG

Project GF Health System Strengthening (HSS) adalah proyek dibidang kesehatan atas kerjasama antara Pemerintah Indonesia (Kementerian Kesehatan) dan Global Fund yang bertujuan memperkuat sistem kesehatan khususnya di 2 (dua) bidang antara lain sistem informasi kesehatan (SIK) dan manajemen tata kelola obat dan perbekalan kesehatan (supply chain management). Proyek dilaksanakan di 5 (lima) provinsi, yaitu Sumatera Utara, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan dan Maluku.  Tiap provinsi  dipilih 2 (dua) kabupaten/kota sebagai lokasi proyek. Tiap-tiap Kabupaten dipilih 10  (sepuluh) Puskesmas sebagai lokasi  pelaksanaan proyek. Untuk Provinsi NTB, Kabupaten yang terpilih sebagai lokasi dilaksanakannya proyek ini adalah Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Timur.

Sistem Informasi Kesehatan atau SIK merupakan bagian dari sistem kesehatan yang berupa tatanan pengalihan data menjadi informasi kesehatan. Informasi kesehatan yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan bagi keperluan perencanaan pengambilan keputusan sehingga dapat dilakukan berbagai bentuk rangkaian tindakan pembangunan kesehatan.

Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan komponen SIK periode bulan Januari hingga Bulan Februari, maka perlu diadakan pertemuan koordinasi kembali antara tim pelaksana SIK SR GF-HSS Dinas Kesehatan Provinsi NTB bersama dengan Tim PMU SR GF-HSS Dinas Kesehatan Provinsi NTB guna membahas rangkaian kegiatan selanjutnya yang akan dilaksanakan, khususnya kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Maret ini, sesuai dengan workplan yang telah dibuat.

TUJUAN

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah membahas kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2017, yaitu :

  1. Membahas rencana kegiatan Monev dan Supervisi ke tingkat SSR GF-HSS Dinas Kesehatan Kabupaten (penentuan tanggal dilaksanakannya kegiatan, nama-nama peserta kegiatan dan materi-materi kegiatan)
  2. Membahas rencana kegiatan Pelatihan Pengembangan Modul/SOP SIK
  3. Membahas tentang usulan Reprogamming Pengadaan Sarana dan Prasarana SIK Prov. NTB

METODE KEGIATAN

Metode kegiatan yang dilakukan pada Kegiatan Pertemuan Rutin Bulanan ini adalah melalui  diskusi antara Tim SIK SR GF-HSS Dinas Kesehatan Provinsi NTB dengan Tim PMU SR GF-HSS Dinas Kesehatan Provinsi NTB

HASIL KEGIATAN

Hasil dari kegiatan pertemuan rutin Tim SIK SR GF-HSS Dinas Kesehatan Provinsi NTB dengan Tim PMU SR GF-HSS Dinas Kesehatan Provinsi NTB adalah sebagai berikut :
1.  Pelaksanaan kegiatan Monev dan Supervisi ke tingkat SSR GF-HSS Dinas Kesehatan Kabupaten dilaksanakan dua kali, durasi 1(satu)  hari per Kabupaten. Kunjungan pertama akan dilaksanakan ke SSR GF-HSS Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, lalu pada hari berikutnya ke SSR GF-HSS Kabupaten Lombok Barat.
Untuk kunjungan ke SSR GF-HSS Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur akan di laksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2017. Sedangkan kunjungan ke SSR GF-HSS Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat akan di laksanakan pada hari Selasa, 14 Maret 2017.

Adapun peserta yang akan terlibat dalam kegiatan tersebut berjumlah 5 orang, yang terdiri dari :

  • a. Sekretaris Dinas Kesehatan Provimnsi NTB selaku Penanggung Jawab Operasional Kegiatan (PJOK) GF HSS Prov. NTB
  • b. Kabid. SDK Dinas Kesehatan Provinsi NTB selaku Penanggung Jawab Teknis Kegiatan Program SIK dan SCM
  • c. Kasi. Datin dan Litbangkes Bidang SDK Dinas Kesehatan Provinsi NTB
  • d. Pengelola Program SIK
  • e. Pengelola Program SCM
  • f. BPP GF HSS Provinsi NTB
  • g. Tim PMU GF HSS Provinsi NTB

2.  Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pengembangan Modul/SOP SIK akan dilaksanakan selama 6 hari pada pertengahan Bulan Maret Tahun 2017.

3. Reprogamming Pengadaan Sarana dan Prasarana SIK Prov.NTB, yaitu pengadaan laptop, PC, server, UPS dan printer.

KESIMPULAN

Kegiatan Pertemuan Koordinasi Rutin Tim SIK SR GF-HSS  dengan Tim PMU SR GF-HSS Dinas Kesehatan Provinsi NTB menghasilkan 3 (tiga) kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Monev dan Supervisi ke tingkat SSR GF-HSS Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Barat, Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pengembangan Modul/SOP SIK dan Reprogamming Pengadaan Sarana dan Prasarana SIK Prov.NTB.

 

Mungkin Anda Menyukai

Pilih Bahasa »
Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook