Lindungi dan Sayangi Bumil, Dinkes NTB Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Pada Ibu Hamil

Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Kesehatan Provinsi NTB bekerjasama dengan  Persatuan Obstetri dan Ginekologi Provinsi NTB, BKKBN Perwakilan Provinsi NTB, dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat telah menyelenggarakan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil pada Selasa (7/9/2021) bertempat di Rumah Sakit Awet Muda Narmada, Lombok Barat, sebagai wujud upaya pemerintah melindungi ibu hamil dari Covid-19. Seperti yang kita ketahui Bumil atau Ibu hamil merupakan kelompok resiko tinggi  terpapar virus Corona, sehingga selama masa pandemi Covid-19 ibu hamil tak luput terpapar maupun terinfeksi Covid-19  yang menyebabkan meningkatnya morbiditas dan mortalitas pada ibu hamil.

Selain karena perdarahan, infeksi dan eklamsia, faktor penyebab kematian pada ibu hamil di masa pandemi saat ini bertambah karena terinfeksi  Covid-19, sehingga memunculkan kekhawatiran bagi pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah NTB, oleh karenanya melalui kesempatan pada kegiatan pencanangan vaksinasi ibu hamil tersebut  Wakil Gubernur NTB Ummi Rohmi menyatakan dengan tegas, bahwa pemerintah NTB sangat ingin gelaran vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dapat dilaksanakan secara masif di semua daerah kabupaten/kota di fasilitas kesehatan, sehingga kita dapat menghindari tingginya angka kesakitan dan kematian pada ibu hamil karena Covid-19, jelas  Wagub disela-sela kunjungannya dalam memantau secara langsung proses kegiatan vaksinasi berlangsung.

Ibu hamil yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 adalah ibu hamil dengan umur kehamilan 13 minggu sampai dengan 33 minggu untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Mengingat pentingnya vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi serta mencegah paparan terhadap Covid-19, hal ini tentu menjadi PR dan tantangan bersama bagi seluruh stakeholder terkait untuk bisa memberikan pelayanan vaksinasi kepada kelompok sasaran bumil sesegera mungkin.

Dalam upaya menyehatkan ibu hamil di masa pandemi sekarang ini menjadikan lintas program dan lintas sektor membutuhkan kerja keras dan kerja bersama, tak hanya dalam hal penyebarluasan informasi dan edukasi yang menyasar kepada ibu hamil, tetapi juga tak kalah penting informasi dan edukasi agar ibu dan bayi sehat meski dalam masa pandemi dengan vaksinasi Covid-19 juga dapat dipahami baik oleh suami maupun keluarga terdekat ibu hamil, sehingga support dari orang-orang terdekat dari ibu hamil dapat menguatkan dan membantu suksesnya program vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di Provinsi NTB.

Kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil pada Selasa (7/9/2021) di Rumah Sakit Awet Muda Narmada, Lombok Barat kemarin berjalan lancar. Selain Wakil Gubernur Provinsi NTB Ummi Rohmi, turut hadir dalam kegiatan antara lain Bupati Kabupaten Lombok Barat beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM.,MARS, Ketua POGI Provinsi NTB dr. Rusdy Hamid, Sp.OG (K), Plt. Kepala Kantor BKKBN Provinsi NTB Drs. Sama’an, M.Si, dan Direktur RS Awet Muda Narmada beserta jajaran. Dalam kegiatan pelayanan vaksinasi Covid-19 pada hari itu diperoleh 74 ibu hamil yang telah diberi vaksin dosis pertama.

Penulis :  I Gusti Ayu Juliantari, S.ST.,S.Si.,MPH

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *