Lokakarya Penguatan Perencanaan dan Penganggaran BLUD Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr. dr. H. L. Hamzi Fikri, MM.MARS., menghadiri Lokakarya Penguatan Perencanaan dan Penganggaran BLUD Puskesmas yang diselenggarakan oleh UNICEF di Hotel Montana Senggigi, Senin (22/4/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk Koordinasi dan Fasilitasi dukungan RI bersama UNICEF dalam upaya peningkatan kapasitas perangkat daerah terkait, khususnya pada Puskesmas di Sumbawa barat dan Kabupaten Bima.

Dr. Fikri menyampaikan dalam  sambutannya bahwa kegiatan ini sangat bagus karena tidak hanya berhasil dilakukan di Lombok Barat dan Lombok Timur, tapi juga dilanjutkan di Kabupaten Sumbawa Barat dan Bima. Dr. Fikri juga berharap kegiatan dapat dilakukan di Kabupaten dan Kota lain di NTB.

Opening Ceremony disampaikan oleh Bapak Teguh selaku perwakilan UNICEF. Beliau menyampaikan, pada tahun 2022-2023 lokus kegiatan ini di Lombok Timur dan Lombok Barat. Hasil advokasi cukup berhasil dan sehingga dilakukan replikasi di Kabupaten lain, dan saat ini dilakukan untuk Sumbawa Barat dan Bima.

Lebih lanjut, Kepala Koordinator Bidang Kesehatan Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Arifin Effendi Hutagalung, menyebutkan dengan dilaksanakannya kegiatan di dua Kabupaten ini diharapakan bisa menjadi jalan untuk mensukseskan pelaksanaan di kabupaten lain di Pulau Sumbawa.

Pada sesi pemaparan materi, Kadinkes NTB menyampaikan pemanfaatan data untuk perencanaan dan peran data dalam pembangunan daerah. Dr. Fikri menyebutkan salah satu Persoalan yang masih kita hadapi di NTB adalah ketersediaan SDM kesehatan dan ketersediaan infrastruktur pembangunan dan perbaikan di puskesmas.

Dengan adanya sumber data yang baik dan berkualitas diharapkan perencanaan pembangunan daerah dapat dilaksanakan.

Harapan kedepan data bisa lebih berkualitas dan memiliki meta data dan keterpaduan Atar meta data dan yang paling penting dapat dengan mudah diakses

Peserta dalam acara tersebut berasal dari perwakilan 10 Puskesmas di Kabupaten Sumbawa Barat dan 21 Puskesmas Kabupaten Bima, perwakilan UNICEF Indonesia dan beberapa instansi terkait dari Sumbawa barat dan Bima, termasuk Dinas Kesehatan

#NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat