Masyarakat Desa Sembalun Timba Gading Antusias Saksikan Praktik Pengolahan MPASI saat Jum’at Salam

Kunjungan Dinas Kesehatan beserta BKKBN Provinsi NTB ke Desa Sembalun Timba Gading di Kabupaten Lombok Timur dalam rangka Jum’at Salam (2/2/2024) disambut Kepala Desa, Ridowan Hardi, beserta masyarakat setempat.

Jum’at Salam kali ini dirangkaikan dengan praktik cara mengolah menu Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang tinggi protein dan bervariasi, dipimpin langsung oleh seorang chef.

Kegiatan hari ini sebagai salah satu program pencegahan stunting agar para orang tua tahu cara membuat menu sehat kaya protein hewani untuk balita yang mudah dilakukan dengan bahan pangan murah dan terjangkau bagi masyarakat desa.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Nina Yulaida, SKM, M.Kes., mewakili Kepala Dinas mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bekerja sama dalam penanganan stunting maupun permasalahan kesehatan lainnya.

”Jangan sampai ada stunting baru. Karena itu sasaran penanganan bergeser kepada remaja dan calon pengantin. Intinya berikan edukasi,” ungkapnya.

Ridowan Hardi selaku Kepala Desa mengatakan Jum’at Salam ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan langka. Pemerintah Desa Timba Gading di bawah kepemimpinannya berkomitmen selesaikan stunting dengan menggelontorkan anggaran cukup besar. Setiap kader posyandu juga terus mengedukasi dan menyemangati keluarga dengan anak stunting.

Berdasarkan komitmen tersebut, progres stunting di Desa Timba Gading pada 2020 sebesar 18,1 persen dan pada 2023 berhasil menurun di angka 13,1 persen.

“Semoga ibu-ibu dengan anak stunting yang ikut hari ini dapat mengambil manfaat dari kegiatan hari ini,” ungkap Ridowan.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, Dr. H. Pathurrahman, SKM.MAP., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, “jangan sampai ada kasus stunting di Sembalun, karena Sembalun ini daerah yang subur.”

Meski demikian masih ada kasus stunting yang perlu ditangani. Dinas Kesehatan NTB berserta tim melakukan penelusuran door to door ke rumah warga yang balitanya terkena stunting.

Pada akhir kegiatan, Dinas Kesehatan memberikan bantuan telur, buku edukasi germas dan buku kader posyandu.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Babinsa Dadenkesyah Desa Timba Gading dan perwakilan Puskesmas setempat.

#Jum’atSalam #CegahStunting #MPASI #ProteinHewani #DesaTimbaGading #Sembalun #LombokTimur #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat