Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Melawan TBC di Kabupaten Lombok Timur

Dalam rangka upaya eliminasi Tuberkulosis di Kabupaten Lombok Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur melaksanakan kegiatan Refreshment bagi pemegang Program TBC untuk Puskesmas dan Rumah Sakit pada hari Rabu 3 Maret 2021 di Aula Koperasi Utama Depan, Rakam, Selong Lombok Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh 85 orang peserta yang terdiri dari petugas TBC dan Laboratorium di Puskesmas dan Rumah Sakit serta dari LSM yang bergerak di bidang TBC.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur dalam sambutannya, beliau mengharapkan ada suatu pola atau inovasi dari masing-masing fasyankes yang dapat meningkatkan capaian penemuan kasus TBC di Lombok Timur dengan melibatkan seluruh komponen yang ada baik dari unsur pemerintahan maupun dari masyarakat itu sendiri.

Untuk mencapai eliminasi TBC di Kabupaten Lombok Timur secepatnya, Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang diwakili oleh Wasor Provinsi NTB memberikan arahan, penyegaran dan motivasi kepada petugas pengelola program TBC dalam manajemen penanggulangan TBC di masa pandemi Covid-19.

Selain itu juga disampaikan arahan dan strategi tentang Penemuan Kasus TBC di Masa Pandemi Covid-19 yaitu:

  1. Memanfaatkan momentum pandemi covid-19 untuk meningkatkan capaian penemuan kasus TBC dengan pelacakan yang agresif
  2. Menggunakan media online untuk promosi, penemuan dan pemantauan pengobatan pasien TBC
  3. Ketepatan dan kelengkapan pelaporan kasus dengan Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB)

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan layanan TBC pada era adaptasi kegiatan baru sehingga upaya eliminasi TBC dapat dilaksanakan secepatnya. Diakhir kegiatan, diberikan penghargaan kepada puskesmas yang telah mencapai target oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Kadekmul.P2P)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.