Pameran, Layanan Posyandu Keluarga dan Berbagai Lomba Meriahkan Puncak Peringatan HKN Ke 55 Tahun 2019

Perayaan puncak Hari Kesehatan Nasional yang ke – 55 dirayakan secara serentak di seluruh Indonesia. Dinas Kesehatan Provinsi NTB merayakan puncak HKN ke – 55 yang rangkai dengan perayaan Hari AIDS Sedunia, Hari Penglihatan Sedunia, HUT Yayasan Jantung ke – 38 serta HUT Ikatan Istri Dokter (IIDI) yang ke – 69. Minggu. 24 November 2019.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB menyelenggarakan puncak acara Hari Kesehatan Nasional ke 55 Tahun 2019 di halaman Monumen Bumi Gora Udayana, Mataram, Minggu (24/11/19). Kegiatan dimeriahkan dengan berbagai pameran, layanan pemeriksaan kesehatan gratis, lomba-lomba, senam sehat bersama serta pelepasan 55 ekor burung merpati. Hal tersebut menandakan acara peringatan HKN yang ke 55 pada tahun ini. Pada perayaan puncak HKN yang dihelat dengan kerjasama lintas sektor bidang kesehatan ini, dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB beserta Jajaran dan staf, serta para undangan pejabat lintas sektor terkait, dan dibuka secara resmi oleh Asisten 3 Sekretariat Daerah Provinsi NTB, ibu Hj. Hartinah.

Rangkaian acara di awali dengan senam sehat bersama yang difasilitasi Yayasan Jantung Sehat NTB, kemudian dilanjutkan dengan flashmob dance hand hygiene oleh tim senam dari RSUD Provinsi NTB. Senam sehat tentunya dimeriahkan dengan pemilihan peserta senam terbaik dan terheboh yang semakin menarik minat masyarakat maupun peserta HKN untuk mengikuti acara senam hingga selesai. Pada kesempatan tersebut, selain menjadi bugar, masyarakat juga bisa membawa pulang hadiah yang disediakan panitia HKN.

Senam sehat bersama saat perayaan Puncak HKN Ke-55

Peserta pameran juga berlomba-lomba menarik minat peserta HKN maupun masyarakat pengunjung yang meramaikan acara untuk mendatangi stand dan memperoleh informasi maupun manfaat dari pameran yang ada. Stand pameran hari itu terdiri dari RS Jiwa Mutiara Sukma, RSUD Provinsi NTB, BPJS, RS Mata NTB, pameran kosmetik Wardah dan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Daerah NTB.

Pemeriksaan mata geratis. salah satu layanan masyarakat pada perayaan Puncak HKN ke – 55

Tak hanya itu, Dinas Kesehatan melalui Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat turut meramaikan acara puncak HKN dengan membuka stand pelayanan Posyandu Keluarga dengan berkolaborasi bersama lintas program dan lintas sektor, seperti Seksi Kesehatan Keluarga dan Seksi Gizi Masyarakat yang membuka meja konseling kesehatan ibu dan anak (KIA) serta konseling Gizi bersama Institusi Pendidikan Kesehatan Poltekkes Mataram.

Layanan Posyandu Keluarga pada perayaan Puncak HKN ke-55

Stand Posyandu Keluarga juga diramaikan oleh besarnya minat masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di meja pelayanan Posbindu. Pemeriksaan kesehatan sederhana berupa cek tekanan darah, kadar kolesterol, asam urat dan gula darah sewaktu juga ramai dikunjungi peserta HKN hingga menjelang acara usai. Ini menandakan sebagian besar masyarakat mulai peduli akan kesehatannya, demikian pula pada meja pemeriksaan remaja dan lansia yang fasilitasi oleh petugas kesehatan dari RSUD Provinsi NTB.

Tak hanya stand pameran dan layanan pemeriksaan kesehatan, magnet pada giat puncak peringatan HKN ke 55 tersebut juga diisi dengan kegiatan lomba-lomba, seperti lomba mewarnai untuk anak TK dan SD kelas 1-3. Lomba Hulahoop untuk UPTD Dinas Kesehatan dan lomba karaoke untuk mahasiswa kesehatan. Selama acara puncak HKN berlangsung, panitia menyediakan kupon doorprize yang dibagi untuk peserta HKN dan masyarakat yang mengikuti kegiatan, serta pembagian hadiah bagi pemenang lomba.

Melalui acara Puncak Peringatan HKN ke 55 ini, mari kita wujudkan Generasi Sehat Indonesia Unggul”

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook