Monev Public-Private Mix TB Batch 2, Sekdinkes Harapkan Keterlibatan Semua Pihak Dalam Penanganan TB di NTB

Dinas Kesehatan Provinsi NTB dengan dukungan penuh The Global Fund kembali melaksanakan Pertemua  Monitoring dan Evaluasi Public – Private Mix Tuberkuloais  Batch 2 untuk Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima, 23-25 November 2023.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi NTB Edi Ramlan, SKM, MPH. di Hotel Lombok Plaza Mataram. Kamis 23 November 2023.

Dalam sambutannya Edi Ramlan berharap kegiatan tersebut dapat memaksimalkan keterlibatan semua pihak khususnya swasta dalam upaya meningkatkan angka penemuan kasus dan pengobatan TB di NTB.

Pengobatan TB di Indonesia khususnya di NTB masih terkendala karena angka penemuan kasus masih rendah. Penemuan kasus atau terduga TB di NTB per 31 Oktober baru mencapai 67,86% atau 67.777.

Artinya masih banyak terduga TB yang belum dilaporkan dan berpotensi dapat menularkan. Namun untuk mengatasi hal tersebut pemerintahh tidak dapat bekerja sendiri, butuh kerjasama dan sinergitas semua pihak.

Public – Private Mix merupakan program yang menjadi wadah untuk mendorong keterlibatan fasilistas kesehatan swasta dalam percepatan eliminasi TB. Dengan keterlibatan pihak swasta diharapkan mampu mempercepat penemuan kasus sehingga pengobatan dapat di Jalankan.

#ntbmajumelaju #ntbsehatdancerdas #TOSSTBC #PPM #P2P #globalfoundries #DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #SalamSehat #HumasSehat