Monev Stunting di Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur tahun 2020

Supervise stunting dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Puskesmas Lenek yang merupakan lokus stunting  dan ke Desa Lenek Kambang lokus stunting. Kegiatan konvergensi stunting di Kabupaten ini sudah sampai pada Aksi 7, tinggal selangkah lagi untuk Aksi ke delapannya.

Data e-PPGBM sudah sampai pada proses validasi data dengan presentasi 63 %, strategi Kasi Gizi Kabupaten Lombok Timur Ibu Hj.Herni Widya,M.Kes. adalah seluruh TPG saat kegiatan posyandu melaksanakan evaluasi kegiatan posyandu usai kegiatan di posyandu dan membahas solusi dari masalah-masalah yang ditemukan saat kegiatan posyandu berlangsung, melaksanakan kegiatan pemantauan garam beriodium di posyandu untuk meningkatkan cakupan D/S.

Lintas sektor Kabupaten Lombok Timur dalam penanggulangan GAKI (Gangguan Akibat Kekurangan Iodium) cukup aktif melaksanakan pertemuan berkala dan turun langsung ke pasar bersama tim GAKI Kabupaten untuk memantau garam beriodium, gerakan minum Tablet Tambah Darah untuk remaja sdh dilaksanakan di seluruh sekolah pada semua wilayah puskesmas yangg ada di Kabupaten Lombok Timur di Puskesmas Lenek sudah dilaksanakan praktek PMBA (Pemberian Makan Bagi Bayi dan Anak) di posyandu, tersedia visualisasi data tahun 2019 namun umpan balik analisis data secara berjenjang belum efektif.

Kegiatan puskesmas sudah diintegrasikan dengan kegiatan konvergensi stunting. Menurut Bapak Kepala Puskesmas Lenek  saat ditemui menjelaskan “atensi pak Camat cukup besar dalam hal penanggulangan stunting , saat gerakan minum TTD serentak dihadiri langsung oleh pak camat beserta jajarannya.

Pemerintahan Desa Lenek sudah mengalokasikan kegiatan penanggulangan stunting minimal 20 % untuk pelayanan kesehatan dan penanggulangan stunting antara lain dengan memberikan PMT untuk ibu hamil dan Balita serta pengadaan alat antropometri KIT dan pengelolaan sampah. Kami sarankan agar berkoordinadi dengan petugas puskesmas dalam hal kegiatan yang direncanakan oleh desa.

Dokumentasi Kegiatan :

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook