Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

NGOPI (Ngobrol Pintar) Bareng di Kicknews Today, Upaya Optimalkan Tim Media Dinkes NTB

Mataram, 19 Februari 2021, Tim Website dan Media Sosial merupakan salah satu dari multi strategi dan taktik yang digunakan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Keberadaan media social sangat berdampak bagi kehidupan sehari hari terutama dalam hal komunikasi dan informasi. Oleh karea itu untuk meningkatkan optimalisasi peran website dan media sosial, dinas kesehatan Provinsi NTB menggandeng Kicksnews Today dalam mengoptimalkan Tim Website dan Medsos.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Hj. Wilya Isnaeni, SKM., MM, sekaligus sebagai Ketua Tim Pengelola Website dan Media Sosial Dinas Kesehatan Provinsi NTB beserta koordinator dan anggota tim melaksanakan kunjungan ke Kicknews today. Dalam kunjungan dibahas mengenai cara penulisan berita yang akan diinformasikan untuk Website maupun media social. Tim dari Kicknews Today menyampaikan bahwa ada beberapa nilai berita (news values) yang menjadi parameter apakah sebuah berita itu layak diberitakan atau tidak diantaranya adalah :

  1. Magnitude (pengaruh), seberapa luas pengaruh berita tersebut bagi masyarakat,
  2. Significance, penting, seberapa penting arti suatu peristiwa bagi publik atau apakah peristiwa itu penting diketahui masyarakat.
  3. Timeliness, aktualitas, kabaruan, sesuatu hal yang baru, dan seberapa actual sebuah berita
  4. Proximity, kedekatan, kedekatan suatu peristiwa terhadap masyarakat secara geografis, psikologis maupun ideologis
  5. Prominence, ketokohan, semakin terkenal seseorang maka beritanya akan semakin bernilai
  6. Impact, dampak, seberapa banyak orang yang terkena dampak suatu peristiwa
  7. Conflict, konflik, peristiwa ketegangan, perang, kericuhan, selalu menjadi berita yang menarik
  8. Human Interest, seberapa besar peristiwa tersebut menimbulkan efek emosi dan simpati masyarakat
  9. Unusualness, keanehan, hal yang tidak biasa cenderung menarik perhatian
  10. Sex, seks, berita tentang seksual selalu menarik karena menyangkut salah satu kebutuhan dasar manusia.

Selain itu direktur Kicknesws Today juga mengungkapkan bahwa dalam sebuah berita tidak hanya harus ada unsur 5W + 1 H, namun sebuah berita harus memiliki jiwa sehingga orang lain yang membaca ikut merasakan apa yang diberitakan tersebut dan memiliki nilai tersendiri sehingga masyarakat menjadi lebih tertarik.

Lanjut direktur Kicknews Today. pada pertemuan ini tidak cukup untuk membahas bagaimana tips dan trik penulisan berita, oleh karena itu akan diagendakan untuk pertemuan lanjutan dengan pihak Kicknews Today. Hal ini dilakukan dengan harapan agar Tim Website dan Media Sosial Dinas Kesehatan Provinsi NTB mampu memberikan informasi yang lebih menarik bagi masyarakat.

Penulis : Reny Yuli Aspiani., S.Kep. Ns.m M.Pd

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.