Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

NTB Beraksi Tuntaskan Stunting Melalui Aksi Bergizi Sekolah : Gizi Seimbang. TTD Rematri, Aktivitas Fisik dan CTPS

Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah merupakan rangkaian dari kegiatan Aksi Bergizi yang dilaksanakan di Provinsi NTB, di bawah Bidang Kesehatan Masyarat Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (31/8) bertempat di lapangan Bapelkes Mataram.

Kegiatan ini dihadiri 300 pelajar dari 6 sekolah yang hadir. Sekolah-sekolah tersebut berasal dari Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Utara. Acara dimulai dengan senam pagi, dilanjutkan dengan Literasi Aksi Bergizi dan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Setelah cuci tangan bersama, para pelajar menyantap sarapan secara bersama-sama. Menu sarapan tersebut telah mengikuti anjuran dari komposisi gizi seimbang. Acara lalu dilanjutkan dengan minum Tablet Tambah Darah (TTD).

Mengonsumsi TTD sangat penting untuk mewujudkan pelajar yang bebas dari anemia. Para pelajar juga diberikan edukasi oleh Kasi Gizi dan Promkes terkait pentingnya TTD untuk pencegahan anemia dan stunting, terutama bagi pelajar perempuan yang akan mencetak generasi penerus bangsa di NTB. Tidak lupa edukasi juga diberikan terkait pentingnya makan-makanan bergizi seimbang yang sesuai kebutuhan kalori masing-masing pelajar dan harus diimbangi dengan aktivitas fisik yang teratur selama 30 menit.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang juga secara simbolis mengukuhkan tiga perwakilan Duta Kesehatan Sekolah. Dalam sambutannya, Kepala Dinas menekankan untuk melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan-makanan sehat yang megandung gizi seimbang, dan mengonsumsi tablet tambah darah bagi pelajar putri secara rutin sekali seminggu.

Duta kesehatan yg dikukuhkan diharapkan dapat menjadi agen perubahan pentingnya kesehatan remaja di lingkungan sekolah mereka masing masing.

Remaja Sehat Remaja yang cerdas, ceria dan bebas Anemia!