OJT  Dokter Dalam Penggunaan USG Dasar Obstetri Terbatas Upaya Tingkatkan Mutu Pelayanan ANC Berkualitas di Puskesmas

Prioritas utama dalam pembangunan nasional bidang kesehatan adalah masalah kesehatan ibu dan balita, dan pencegahan penularan penyakit menular.  Strategi penurunan kematian ibu dan kematian bayi adalah melalui peningkatan akses layanan, kualitas pelayanan kesehatan dan peningkatan kompetensi petugas serta melengkapi sarana prasarana pemberi layanan.

Untuk itu Seksi Kesehatan Keluarga Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi NTB  menyelenggarakan OJT  Dokter dalam penggunaan USG Dasar Obstetri Terbatas yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga kesehatan dalam pemeriksaan USG dasar Puskesmas oleh tenaga dokter umum dan juga untuk meningkatkan mutu pelayanan ANC berkualitas di Puskesmas.

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu kunjungan lapangan ke Dinas Kesehatan KSB untuk membuka dan melihat secara langsung kegiatan OJT dokter dalam penggunaan USG terbatas yang dilaksanakan pada hari Senin, 24 Oktober 2022 di RSUD Asyifa, yang di buka oleh Sub. Kordinator Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Sri Endang Kusrini,S.Kep., Ns., M.Kep .

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Puskesmas Seteluk untuk melakukan monitoring dan evaluasi program ibu dan anak, remaja, KB dan lansia. serta diskusi mendalam untuk mengidentifikasi permasalahan yang timbul baik dari pelayanan maupun pencatatan dan pelaporan. serta untuk menentukan rencana tindak lanjut.