Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Optimalisasi Peran Apoteker AoC (Agent of Change) Gema Cermat

Bima – Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian, Ditjen Kefarmasian dan Alkes, Kemenkes RI bersama Dinas Kesehatan Provinsi NTB melaksanakan kegiatan Optimalisasi Peran Apoteker Agent of Change (AoC) Gema Cermat pada tanggal 14 – 16 September 2022.

Apoteker Agent of Change (AoC) adalah tenaga Kesehatan terutama apoteker yang mempunyai komitmen dan kemampuan untuk melaksanakan kegiatan edukasi dan pemberdayaan masyarakat dalan peningkatan Penggunaan Obat Rasional (POR) dalam rangka Gema Cermat, dengan tujuan mengubah perilaku pada masyarakat maupun tenaga Kesehatan, serta telah mendapatkan pembekalan dan ditandai dengan pemberian sertifikat.

Apoteker AoC diharapkan menjadi pelaksana Gema Cermat di wilayah kerja masing-masing, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan PD/PC IAI setempat. Secara khusus, apoteker AoC diharapkan berperan dalam edukasi terkait penggunaan antibiotik, bijak untuk pengendalian resistensi antimikroba.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Fahrurrahman SE,M.Si, bertempat di Hotel Kalaki Beach, Kabupateb Bima dengan jumlah peserta 27 apoteker.

Selain dilaksanakan di Kabupaten Bima, kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Dompu secara bersamaan dengan jumlah peserta 32 apoteker dari rumah sakit maupun yang bertugas di puskesmas dan sarana lainnya.

Materi disampaikan oleh narasumber dari Ditjen Farmalkes Kemenkes RI, Master AoC (Agent of Change) dan lintas sektor.