Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Orientasi SIP/Sikda Generik Tingkat Provinsi NTB

Dalam tatanan desentralisasi atau otonomi daerah di bidang kesehatan, kualitas dari Sistem Informasi Kesehatan Nasional sangat ditentukan oleh kualitas dari Sistem Informasi Kesehatan Provinsi bahkan hingga Sistem Informasi Kesehatan Kabupaten/ Kota. Pelaksanaan Sistem informasi Kesehatan Kabupaten/Kota dapat berjalan dengan baik jika di dukung oleh pencatatan dan pelaporan yang baik. 

Untuk menghasilkan pencatatan dan pelaporan yang berkualitas, dapat di dukung oleh suatu sistem pencatatan dan pelaporan secara elektronik di setiap Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka diperlukan adanya Orientasi Sistem Informasi Puskesmas (SIP) / Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik bagi pengelola data dan informasi di Kabupaten/Kota dan Puskesmas.

Pertemuan ini akan dilaksanakan pada hari Rabus/d Jum’at, 24s/d 26 Juli 2019 di Hotel Golden Palace, Jln. Sriwijaya No.38, Mataram, NTB. Tujuan khusus dari pelaksanaan kegiatan ini adalah tersosialisasikannya penggunaan sistem pencatatan dan pelaporan secara elektronik (Aplikasi SIKDA Generik ). Kemudian terlaksananya sistem pencatatan dan pelaporan program kesehatan secara elektronik di Puskesmas. Narasumber pada pertemuan ini berasal dari Dinas Kesehatan ProvinsiNTB dan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Peserta pertemuan sebanyak 48 orang terdiri dari :

  • Peserta kabupaten/kota sebanyak 6 orang, adalah pengelola data dan informasi di Kabupaten Sumbawa, Dompu dan Kota Bima (masing-masing 2 orang).
  • Peserta Puskesmas sebanyak 42 orang adalah pengelola data dan informasi di Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumbawa, Dompu dan Kota Bima (masing-masing Puskesmas 2 orang).

Dokumentasi Kegiatan

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.