Partisipasi PSC 119  Dalam Penanggulangan Kegawat Daruratan di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu

Rangkaian Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)  meliputi evaluasi PSC (Public Safety Center) dan aplikasi SISRUTE (Sistem Rujukan Terintegrasi) yang dilakukan oleh Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Hurnain Akmal, SKM.,M.Kes., beserta Tim selanjutnya adalalah ke Dinas Kesehatan Kabupatan Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu pada hari Selasa (12/07/2022).

Dari hasil monev didapatkan bahwa Dinas Kesehatan Kota Bima kabupaten Sumbawa Barat sudah memiliki PSC yang sudah teregistrasi di pusat dan siap untuk di fungsikan sebagai pertolongan pertama bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis dengan cepat. Selain itu Tim Medis yang ada di PSC Kota Bima juga sudah memenuhi standar untuk pelayanan karena memiliki tenaga dokter dan perawat serta driver ambulance yang siap membantu masyarakat dalam pelayanan medis khususnya di Wilayah Kota Bima.  Mereka juga sudah bekerja sama dengan jaring dan jejaring di Wilayah Kota Bima yakni dengan aparat Desa, ketua RT, LSM, Babinsa, BabinKamtibmas, Kominfo, BPBD, dan Damkar sebagai bentuk kerja sama jika terjadi sesuatu di Wilayah Kota Bima Khususnya. Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bantuan PSC 119, masyarakat bisa menghubungi nomor kontak langsung PSC 119 Kota Bima untuk mendapatkan penanganan medis dengan cepat.  Selanjutnya Terkait dengan aplikasi SISRUTE (Sistem Rujukan Terintegrasi) khususnya di Kota Bima sudah terlaksana dengan baik, Namun belum maksimal.

Hasil monitoring dan evaluasi di Kabupaten Bima sebelumnya sudah ada PSC namun masih bergabung dengan Puskesmas, untuk itu diperlukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bima untuk mengoptimalkan PSC di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima.  Sedangkan untuk alplikasi SISRUTE (Sistem Rujukan Terintegrasi) masih mengalami kendala terkait permasalahan OTP.

Sedangkan untuk Kabupaten Dompu sebelum ada PSC 119, sudah ada TGC (Tim gerak Cepat), yang kemudian diganti menjadi PSC 119.  Tim medis yang ada di PS  menggunakan tenaga medis yang ada di TGC.  Selanjutnya Terkait dengan aplikasi SISRUTE (Sistem Rujukan Terintegrasi) khususnya di Kabupaten Dompu sama seperti di Kabupaten lainnya, masih mengalami kendala mengalami kendala terkait permasalahan OTP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *