Pastikan Kualitas Data Kesehatan Akurat, Dinkes NTB Lakukan Monev Penilaian Kualitas Data Rutin ke Kabupaten/Kota Se-NTB

Penilaian Kualitas Data Rutin (PDKR)  merupakan suatu metode yang dirancang untuk menilai kualitas data rutin dan meningkatkan kualitas data yang dapat dilakukan oleh  pengelola data program kesehatan secara berjenjang pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Untuk memastikan kualitas data kesehatan, maka Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Program Datin dan Litbangkes Bidang SDK melaksanakan Monev Penilaian Kualitas Data Rutin (PKDR) ke Kabupaten/Kota se-NTB sejak tanggal 2 s/d 28 November 2023.

Penilaian di lakukan terhadap beberapa indikator kesehatan seperti kunjungan ibu hamil (K6), persalinan di faskes, balita stunting dan data kesehatan lainnya.  Selain itu penilaian juga dilakukan terhadap kelengkapan dan kualitas data serta dukungan manajemen terhadap pengelolaan data kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan data kesehatan yang akurat, lengkap dan tepat waktu,  sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi program kesehatan di tingkat provinsi maupun di masing-masing kabupaten/kota dan puskesmas di Provinsi NTB.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Edi Ramlan, SKM., MPH., turut mendampingi kegiatan di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Utara, 27 – 28 November 2023.

#ntbmajumelaju #ntbsehatdancerdas #PKDR #datinlitbangkes #DinkesProvNTB  #DinkesNTB  #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat