Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pastikan Pelacakan dan Penanganan Covid-19 Berjalan Lancar, Dinkes Pastikan Stock Reagen Terpenuhi

Mataram – Pastikan pelacakan dan penanganan Covid-19 dapat berjalan dengan lancar, Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Seksi Yankes Rujukan Bidang Pelayanan Kesehatan bahas koordinasi antara jejaring laboratorium pemeriksa Covid-19 dengan faskes pengirim dan pemenuhan ketersedian reagen.

Pembahasan tersebut dilakukan bersama dengan jejaring laboratorium pemeriksa Covid-19 yang ada di Provinsi NTB dan 12 Provinsi lainnya melalui Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh Balitbangkes Kemenkes RI, pada Selasa (9/3).

Dalam Pertemuan tersebut dibahas mengenai bagaimana koordinasi antara jejaring laboratorium pemeriksa Covid-19 dengan faskes pengirim spesimen harus berjalan dengan baik. Selain itu, tak kalah penting dibahas terkait bagaimana memastikan ketersediaan reagen yang digunakan untuk pemeriksaan Covid-19 agar memadai, sehingga tidak terjadi keterlambatan pemeriksaan spesimen yang disebabkan karena stok reagen yang tidak tersedia.

Selaras dengan hal itu, Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI meminta kepada semua jejaring laboratorium pemeriksa Covid-19 untuk membuat usulan kebutuhan reagennya sebelum stok habis, dan diusulkan langsung ke Balitbangkes Kemenkes RI sesuai dengan format yang sudah ditetapkan.

Adapun usulan kebutuhan reagen yang sudah diusulkan melalui Dinas Kesehatan Provinsi masing-masing akan segera ditindaklanjuti. Harapannya dengan menjamin ketersediaan reagen di semua jejaring laboratorium pemeriksa COVID-19, maka kegiatan pelacakan dan penanganan kasus COVID-19 berjalan dengan lancar.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.